TGB, Deddy Mizwar dan Ridwan Kamil Sedang Apa ya?

401
TGB, Deddy Mizwar, Ridwan Kamil saat menghadiri Majelis Tarbiyah Garut, Jawa Barat dalam kegiatan tausiyah menyambut tahun baru Hijriyah 1 Muharram 1439 H, Rabu (20/9). (dok. Biro Humas Protokol Pemprov NTB)

HarianNusa.com, Mataram – Gubernur NTB, TGH M Zainul Majdi atau akrap disapa Tuan Guru Bajang (TGB) memenuhi undangan Majelis Tarbiyah Garut, Jawa Barat dalam kegiatan tausiyah menyambut tahun baru Hijriyah 1 Muharram 1439 H, Rabu (20/9).

TGB yang merupakan gubernur termuda di Indonesia sekaligus Ahli Tafsir Al-Quran mengisi tausiyahnya bertema kebhinekaan Indonesia sebagai karunia. Tidak kurang dari 6000 jemaah antusias mendengar tausiyah yang disampaikan TGB.

Dalam tausiyahnya, TGB mengupas surat Al-Hujarat ayat 13 yang berisi bahwa Allah menciptakan manusia bersuku-suku, berbangsa-bangsa untuk saling mengenal. TGB mengatakan keberagaman yang dimiliki Indonesia merupakan skenario Allah yang tidak boleh diingkari oleh siapapun. Jika mengingkari keberagaman tersebut, sama saja mengingkari keberadaan Allah.

“Kalau surat Al- Hujarat ayat 13 kita letakan dalam sejarah, kita taruh di bagian bumi Allah, maka bumi yang paling cocok itu bernama Indonesia,” ujar TGB dalam tausiyahnya.

TGB menyampaikan bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan luar biasa berupa perbedaan, keberagaman, kebhinekaan ras, suku, adat istiadat dan agama, namun meletakan perbedaan tersebut sebagai kekayaan dan kekuatan untuk membangun bangsa.

Hadir mendampingi TGB, Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar, Walikota Bandung, Ridwan Kamil dan Bupati Garut, Rudi Gunawan, Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi serta tokoh-tokoh lainnya. (sat)