fbpx
23 C
Mataram
Minggu, Januari 17, 2021
Update Covid-19 Indonesia
896,642
Total Kasus
Updated on 17/01/2021 3:23 am
Beranda Headline Kades Mambalan Ditetapkan Tersangka Kasus Prona

Kades Mambalan Ditetapkan Tersangka Kasus Prona

- Advertisement -Cloud Hosting Indonesia
- Advertisement -

HarianNusa.com, Mataram – Unit Tipikor Polres Mataram menetapkan tersangka terhadap Kades Mambalan, Kecamatan Gunung Sari, Lombok Barat, Lalu Ahmad Yudni. Penetapan tersangka telah dilakukan dua pekan lalu.

“Kita sudah menetapkan tersangka pada Kades Mambalan dua Minggu lalu. Selanjutnya akan dipanggil untuk diperiksa. Kita sudah mengirim surat panggilan untuk dimintai keterangan hari ini,” ujar Kasubag Humas Polres Mataram, AKP I Made Arnawa, Senin (2/10).

Namun Kades Mambalan yang telah dipanggil untuk diperiksa hari ini berhalangan untuk hadir. Sehingga penyidik akan melakukan penjadwalan ulang untuk proses pemanggilan kedua.

- Advertisement -

“Dengan terpaksa kita jadwalkan ulang, karena yang bersangkutan ada halangan,” ungkapnya.

Meskipun telah ditetapkan tersangka, namun Kades Mambalan belum ditahan. Penyidik akan melakukan pemanggilan untuk pemeriksaan, selanjutnya akan dipertimbangkan penahanan.

“Kita akan memanggil dan melakukan pemeriksaan lagi. Selanjutnya akan dipertimbangkan penahanannya,” pungkasnya.

Kades Mambalan diduga melakukan pungli terhadap Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona) tahun 2016. Terindikasi pemotongan dana terhadap sejumlah masyarakat yang mengurus prona dengan pungutan bervariasi.

“Diduga yang bersangkutan memungut (uang) dari peserta prona yang seharusnya gratis. Pemungutan berkisar Rp 500 hingga Rp 1 juta,” jelas AKP Arnawa.

Puluhan warga Mambalan yang mengurus prona dikenai biaya. Padahal sesuai ketentuan perundang-undangan, pengurusan prona tidak dibebankan biaya.

Sebelumnya, warga Mambalan melaporkan dugaan pungli prona pada Mapolres Mataram. Warga membawa sejumlah bukti yang terkait dugaan tersebut. Penyidik kemudian melakukan pemanggilan dan pemeriksaan terhadap Kades Mambalan. (sat)

Berita Populer Pekan Ini

Ini Cara Mitigasi saat Gempa Bumi

HarianNusa.com - Indonesia berada pada cincin api Pasifik, sehingga potensi gempa bumi dan bencana alam lainnya selalu ada. Menghadapi ancaman bencana alam, mitigasi bencana...

Jarot Ingin Sumbawa Maju

HarianNusa.com, Sumbawa - Pesta demokrasi di Kabupaten Sumbawa akan digelar September tahun 2020i ini. Tana Samawa sudah mulai menghangat. Calon pemimpin masa depan Kabupaten...

Ratusan Homestay di NTB Siap Disewa Tamu Moto-GP 2021

Mataram - Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr. H. Zulkieflimansyah, meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi NTB untuk berkoordinasi dan menyiapkan sebaik...

Gubernur NTB Resmikan Pabrik Teh Kelor di Mataram

HarianNusa.com, Mataram - Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah meresmikan langsung pabrik teh kelor yang dikelola oleh CV. Tri Utami Jaya, yang berlokasi di BTN...
- Advertisment -Cloud Hosting Indonesia