Saluran Tersumbat, Banjir Sampah Genangi Pancor

97
BPBD Lombok Timur membersihkan tumpukan sampah. (dok istimewa)

HarianNusa.com, Mataram – Akibat saluran air yang tersumbat, luapan air disertai sampah menggenangi Jalur PTC Pancor menuju Sukamulia. Aliran banjir tersebut terjadi pada Senin (13/11) sekitar pukul 14.30 Wita.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB, Muhammad Rum, mengatakan aliran banjir yang membawa sampah tersebut terjadi di saat hujan dengan intensitas ringan mengguyur beberapa wilayah di Lombok Timur.

“Penyebabnya karena saluran tersumbat material sampah serta hujan dengan intensitas ringan di wilayah Selong,” ujarnya Selasa, (14/11).

Genangan air setinggi 20 sampai 60 cm menggenangi jalan sepanjang 300 meter. Akibatnya perjalanan kendaraan terganggu.

Tidak hanya itu, sekitar 50 rumah penduduk di pinggir jalan juga tergenang banjir. Banjir juga mengakibatkan satu mobil mengalami rusak ringan.

“Rumah yang tergenang kurang lebih 50 rumah di sekitaran jalan dan satu unit mobil mengalami rusak ringan,” jelasnya.

BPBD Lombok Timur yang menerima informasi tersebut kemudian menerjunkan personel dan peralatan untuk melancarkan saluran air dan membersihkan tumpukan sampah di tengah jalan.

“Kita terjunkan personel untuk membersihkan sampah dan saluran yang tersumbat. Kegiatan berakhir pukul 15.15 Wita,” tutupnya. (sat)

iklanMaulid Fraksi PKS 2017