fbpx
23 C
Mataram
Selasa, Mei 11, 2021
Update Covid-19 Indonesia
1,718,575
Total Kasus
Updated on 11/05/2021 3:47 am
BerandaKota MataramPolair Polda NTB Bersama Masyarakat Gelar Penanaman Pohon dan Bersih Sungai

Polair Polda NTB Bersama Masyarakat Gelar Penanaman Pohon dan Bersih Sungai

- Advertisement -
- Advertisement -

HarianNusa.com, Mataram – Direktorat Polair Polda NTB bersama masyarakat dan Pemerintah Kota Mataram menggelar penanaman ratusan pohon dan bersih sungai di Ampenan, Kota Mataram, Selasa (28/11).

Bertempat di Sungai Jangkuk Ampenan, polisi bersama masyarakat dan Pemkot Mataram melakukan kegiatan tersebut.

Dalam acara tersebut, dihadiri langsung oleh Wakil Walikota Mataram, H. Mohan Roliskana, Wakil Direktur (Wadir) Dit Polairud Polda NTB, AKBP I Made Sunarta, Kabid Humas Polda NTB, AKBP Tri Budi Pangastuti, Kapolsek Ampenan, Kompol Tauhid, Camat Ampenan serta sejumlah tokoh masyarakat lainnya.

- Advertisement -

Hadir juga para anggota Polair Polda NTB, Resimen Mahasiswa, pelajar SD serta masyarakat setempat.

Secara langsung para tokoh tersebut melakukan penanaman pohon Mahoni di sepanjang bantaran sungai. Pohon Mahoni dipilih sebagai alternatif yang tepat untuk menyikapi isu lingkungan masa kini. Pohon tersebut dinilai sebagai tumbuhan yang tepat untuk penghijauan karena kuat dan bertahan lama.

H. Mohan Roliskana melakukan penanaman pohon Mahoni di bantaran Sungai Jangkuk, Ampenan. (sat/hariannusa.com)

Mohan Roliskana mengatakan sangat mengapresiasi antusias masyarakat yang peduli isu lingkungan, terlebih lagi musim kemarau telah tiba, sehingga bencana banjir kerap melanda beberapa wilayah di NTB. Untuk itu diharapkan masyarakat peduli terhadap lingkungan.

“Kami beri apresiasi yang luar biasa terhadap inisiatif kawan-kawan, tentu harapan saya ada keberlangsungan dari program yang mereka laksanakan, mudah-mudahan masyarakat juga memiliki kesadaran terhadap isu lingkungan,” ujarnya.

Mohan juga berharap kegiatan tersebut berlangsung terus menerus, tidak hanya sebatas simbolis semata, karena kegiatan tersebut memilik dampak positif bagi generasi seterusnya.

“Saya pikir tetap harus dikawal oleh orang-orang yang pintar dan dilaksanakan oleh orang-orang yang iklas,” sambung Mohan.

Sementara Wadir Polairud Polda NTB, AKBP I Made Sunarta mengatakan kegiatan tersebut sekaligus juga sebagai rangkaian HUT Polair ke-67. Sebanyak 400 pohon disediakan untuk ditanam di tempat-tempat yang strategis untuk penghijauan. Terlebih lagi kegiatan tersebut bertepatan dengan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI).

“Penanaman pohon kita rangkaikan dengan Hari Menanam Pohon Indonesia, kita bikin spot untuk pemancingan supaya masyarakat peduli lingkungan termasuk sungai, jadi peran masyarakat juga membantu pemerintah dan polisi menjaga Kamtibmasm,” pungkasnya.

Ia juga mengatakan Polair Polda NTB selalu mendukung Indonesia sebagai Poros Maritim, karena Polair juga tidak hanya bertugas menjagau laut, tetapi juga perairan di darat.

“Dalam menjaga poros maritim, Polair bukan hanya di laut saja, tapi juga di sungai, danau, waduk,” jelasnya.

Kabid Humas Polda NTB, AKBP Tri Budi Pangastuti, menambahkan kegiatan tersebut merupakan implementasi dari Program Revolusi Mental Quick Wins Polri.

“Kegiatan penanaman pohon dan bersih kali Jangkuk oleh Polar Polda NTB bekerja sama dengan instansi terkait dan komponen masyarakat, merupakan implementasi dari program revolusi mental Quick Wins Polri yakni Polri sebagai penggerak revolusi mental dan pelopor tertib sosial di ruang publik,” tambahnya.

Acara semakin meriah dengan adanya orkes musim. Banyak masyarakat antusias berjoget ria disertai musik meriah di lokasi penanaman pohon. (sat)

- Advertisement -
- Advertisment -
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Berita Populer Pekan Ini

- Advertisment -Cloud Hosting Indonesia