HarianNusa.com – Ratusan santri dan ulama muda lintas organisasi agama mendeklarasikan pembentukan Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi) NTB, Selasa, 23 Oktober 2018.

Samawi NTB optimis Jokowi akan unggul telak di NTB yang sebelumnya merupakan basis massa pendukung Prabowo Subianto. Hal tersebut lantaran Jokowi dinilai mampu merealisasikan janjinya.

“Kami menyatakan dukungan karena selama beliau memimpin Indonesia, kami melihat dengan nyata memang sesuai apa yang beliau janjikan. Terbukti di NTB ada kawasan ekonomi khusus dan membangun dari desa. Prestasi dari tahun ke tahun. Sisi kedekatan dengan ulama bahkan ulama di NTB,” ujar Ketua Korwil Samawi NTB, Lalu Abussulhi  Khairi.

Lalu Abussulhi memprediksi kemenangan Jokowi di NTB di atas 75 persen suara.

“Di atas 75 persen target kami. Kami memiliki basis massa yang cukup luas,” pungkasnya.

Keyakinan tersebut lantaran Jokowi kerapkali mengunjungi NTB dan kedekatannya dengan ulama, khususnya ulama NTB.

“Kami menyatakan dukungan karena selama beliau memimpin Indonesia, kami melihat dengan nyata memang sesuai apa yang beliau janjikan. Terbukti di NTB ada kawasan ekonomi khusus dan membangun dari desa. Prestasi dari tahun ke tahun. Sisi kedekatan dengan ulama bahkan ulama di NTB,” bebernya.

Deklarasi Samawi NTB dihadiri ratusan santri dan ulama muda dari berbagai organisasi, di antaranya Nahdlatul Ulama, Nahdlatul Wathan, Muhammadiyah. Semua akan bekerja keras untuk memenangkan Jokowi-Ma’ruf.

“Setelah mereka tahu ulama muda mensukseskan beliau (Jokowi), mereka antusias mendukung. Kami sangat yakin. Di sini semua masuk, dari NU, NW, Muhammadiyah maupun organisasi lain,” ungkapnya. (sat)

Komentar