HarianNusa.com – Pemerintah Kabupatan Lombok Barat menggelar event Perang Topat di Pura Lingsar, Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Kamis (22/11/2018).

Perang Topat merupakan event tahunan yang melibatkan dua unsur adat budaya dan agama yakni Islam dan Hindu.

Dalam sambutan pembukaannya, Bupati Lobar, Fauzan Khalid mengatakan masyarakat Lombok Barat tidak pernah berkoar- koar (berteriak, red) tentang kebhinekaan tetapi masyarakatnya secara nyata dan aplikatif mempraktekan nilai-nilai kebhinekaan tersebut.

Salah satunya, sebut Fauzan, melalui event Perang Topat yang secara turun temurun dilaksanakan di tempat ini (Pura Lingsar, red).

Fauzan menjelaskan, keseluruhan prosesi Perang Topat, dari awal sampai akhir melibatkan peran serta dua agama yaitu agama Islam dan agama Hindu. Semuanya dilakukan dengan riang gembira.

Fauzan mencontohkan, sehari sebelum event Perang Topat dimulai terlebih dahulu digelar acara Ngiring Kao (mengiring kerbau, red). Dipilihnya kerbau sebagai simbol bukan sapi atau babi, jelas Fauzan, karena mereka (umat Islam dan Hindu, red) sama-sama saling menghormati.

Sebelum kerbau diiring mengelilingi Pura Lingsar, umat Islam melakukan zikir atau roah gubuk (syukuran, red) disisi lain umat Hindu melakukan upacara keagamaan mendak tirta amarta. Setelah keduanya selesai melakukan acara keagamaan secara bersama-sama masing-masing pemuka agama (Islam dan Hindu) tersebut mengarak sapi keliling taman Pura Lingsar.

Fauzan mengatakan alangkah indahnya kebhinekaan yang dibungkus dengan kesadaran total bahwa manusia diciptakan untuk merajut persaudaraan dan perdamaian tersebut. Untuk itu melalui event Perang Topat ini masyarakat Lobar ingin mengirimkan pesan bahwa pluralitas perlu dijaga, dirawat dan dipraktekkan.

“Mudah-mudahan apa yang dilakukan oleh masyarakat kabupaten Lombok Barat ini bisa dijadikan contoh bagi seluruh masyarakat Indonesia sehingga komitmen kita sebagai warga negara Indonesia yang sudah menyepakati NKRI tetap kokoh sebagai milik bersama dan juga bersama-sama menyongsong masa depan bangsa yang lebih baik dan yang lebih cerah,” harap Fauzan.

Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Lobar didampingi istri, Bupati Lobar terpilih, Sekda Lobar, perwakilan kementerian pariwisata, kementerian PMK, Muspida Provinsi NTB, Muspida kabupaten Lombok Barat, Kadis Pariwisata NTB, Lalu M. Faozal, DPD RI, DPRD Lombok Barat, Dandim Lobar, Kapolres Mataram, Kapolres Lobar, pemuka agama Islam, pemuka agama Hindu dan ribuan masyarakat lainnya. (f3)

Komentar