HarianNusa.com – Melalui akun Facebooknya, anggota DPRD NTB Fraksi PKS, Johan Rosihan menyampaikan ungkapan bela sungkawa dan duka mendalam atas musibah banjir bandang yang melanda Kecamatan Empang – Tarano Kabupaten Sumbawa Besar, NTB.

“Turut berduka cita atas musibah banjir yang melanda Kecamatan Empang – Tarano tadi malam. Semoga menjadi pelajaran dan hikmah bagi kita semua,” ungkap calon anggota DPR RI Dapil NTB 1 tersebut di akun Facebooknya yang bernama Johan Rosihan dengan hastag #prayforempang_trano.

Di akun Facebooknya itu, pria kelahiran Sumbawa itu juga mengirimkan 12 foto kondisi wilayah yang terdampak banjir tersebut. Postingannya tersebut mendapat berbagai tanggapan di kolom komentar.

“Bukit-bukit (olat) digunduli dijadikan ladang untuk tanam jagung. Saat panen bersuka cita (penjual dan pengepul). Saat musim hujan, banjir bandang melanda, tidak pandang bulu, semua kena akibatnya, yang dibeli dari hasil jagung pun hanyut atau terendam. Siklus yang sama terulang lagi di tahun berikutnya…tapi tetap saja tidak sadar,” ungkap salah satu akun Facebook bernama Jen Mukhsin di kolom komentar.

“Semua orang harus belajar dari peristiwa banjir bandang di Empang. Karena banjir tidak serta merta akan terjadi, melainkan ada sebabnya. Keserakahan manusia yang terlalu berlebihan sehingga orang lain yang menjadi korban. Dulu sewaktu saya masih kecil, hutan masih lebat tumbuh kayu tinggi menjulang, tapi sekarang kondisi hutan kita sudah pacul. Allah sudah menjelaskan dalam Al-Qur’an “Terjadinya kerusakan di darat dan di laut disebabkan ulah-ulah tangan manusia”. Semoga manusia yang melakukan kerusakan hutan diberikan hidayah oleh Allah agar tidak lagi melakukan perbuatan jahatnya,” akun Zuhri Irian menimpali.

Seperti diketahui Kamis malam (6/12/2018) hujan lebat mengguyur sebagian wilayah NTB termasuk Kecamatan Empang – Tarano sehingga mengakibatkan banjir bandang di wilayah kecamatan tersebut. (f3)

Komentar