Keruak Kering Kerontang, ACT Datangkan Tim Medis

Pelayanan Kesehatan Warga Keruak Oleh Tim ACT

HarianNusa.com, Lombok Timur – Sejumlah daerah di Lombok masih terus dilanda kemarau berkepanjangan. Musim kemarau panjang ini berdampak pula pada Tingkat kesehatan Masyarakat. Termasuk Warga Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur.

Relawan medis Aksi Cepat Tanggap (ACT) memberikan pelayanan medis gratis di lokasi terdampak kekeringan tepatnya di Pondok Pesantren Al-Asy’ariah Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur. Tim medis  yang berjumlah 20 orang terdiri dari 6 orang dokter, 8 orang perawat, 2 orang fisioterapis, 3 orang apoteker dan 1 orang psikolog. Selain dari ACT, sejumlah relawan juga melibatkan tenaga dari Ikatan Apoteker Indonesia Lombok Timur.

Koordinator Relawan, Khalid menjelaskan, kecamatan Keruak adalah lokasi yang paling parah merasakan dampak kekeringan. Keruak juga menjadi tujuan implementasi bantuan air bersih yang di lakukan oleh relawan ACT beberapa waktu lalu. “Agar aksi ini berkesinambungan jadi kami juga memberikan pelayanan medis secara gratis kepada warga yang terdampak kekeringan”, papar Khalid.

Warga yang datang ke tempat pelayanan didominasi oleh lansia dan dewasa. “Ada sekitar 150 orang yang datang memeriksakan kesehatannya” tambah Khalid.

Sejumlah warga yang datang mengeluhkan sakit yang di derita antara lain tekanan Darah Tinggi atau hipertensi, Osteoarthritis genu, Dyspepsia syndrome, Cephalgia (Migrain, dan Tension type headache). “Selain memberikan pelayanan medis tim relawan juga melakukan pelayanan kesehatan kuratif dan konseling psikolog, Fisioterapi dan lain-lain” tutur Menurut dokter Ita.

Pelayanan Kesehatan Warga Keruak Oleh Tim ACT
Pelayanan Kesehatan Warga Keruak Oleh Tim ACT