Kamis, Maret 28, 2024
BerandaKemanusiaanPeace Wind Japan Bersama ACT Bangun 10Km Pipa Air Bersih di Kaki...

Peace Wind Japan Bersama ACT Bangun 10Km Pipa Air Bersih di Kaki Rinjani

- Advertisement -

HarianNusa.com, Lombok Timur – Aksi Cepat Tanggap bersama Peace Wind Japan (PWJ) dan Japan Platform meresmikan proyek pengadaan air bersih permanen ke Desa Sajang. Dari Desa Sembalun Timba gading, air bersih dari sumur bor sedalam 40 meter akan dialirkan melalui pipa sepanjang 10 kilometer ke Desa Sajang. Di sepanjang jaringan pipa air, juga dibangun 5 buah bak penampungan yang turut mengalirkan air bagi warga yang dilewati oleh proyek ini.

Acara peresmian proyek ini turut dihadiri oleh perwakilan dari pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Perwakilan DPRD Provinsi, DPRD Lotim, Pemerintah Daerah Lombok Timur dan disaksikan oleh puluhan masyarakat desa Sembalun dan Desa Sajang.

ACT Pusat diwakili oleh Direktur GHR Bambang Triyono dan Kepala Cabang ACT NTB Lalu Muhammad Alfian. Sedangkan PWJ Jepang diwakili oleh BOD –nya Mark San dan Konsulat Jendral Jepang yang berkedudukan di Denpasar.

“PWJ akan terus membersamai masyarakat Lombok melewati hari-hari-hari dalam recovery bencana. Lombok dan Palu tidak akan dilupakan. Jepang dan Indonesia merupakan negara yang sama-sama memiliki potensi kerawanan bencana yang besar. Bantuan yang diberikan kali ini adalah salah satu bentuk saling membantu antar negara. Ketika Jepang dilanda musibah, Indonesia juga merupakan negara yang selalu aktif dalam mengirim bantuan”, ujar Mark San dalam pidato sambutannya.

“Kami menyadari, ketika bencana yang paling sulit di akses adalah sumber air bersih, sehingga kami menyimpulkan bahwa air adalah seperti berlian kehidupan, kami mengharap masyarakat dapat menjaga sumber air yang kita resmikan ini agar bertahan lama dan berkelanjutan”, lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Lombok Timur yang mewakili Bupati mengungkapkan rasa syukur atas peresmian pembangunan proyek ini. Karena Proyek Pipanisasi ini memudahkan Pemda juga dalam memberikan layanan dasar berupa air bersih untuk masyarakat.

“Pemerintah mengapresiasi kerja ACT bersama PWJ ini karena program air bersih adalah program yang didorong oleh Pemkab untuk memenuhi kebutuhan masyarakat ketika terjadi musim kering seperti saat ini.” Ungkap Lalu Mulyadi.

Lalu Muhammad Alfian selaku Kepala Cabang ACT NTB di tempat yang sama juga mengungkapkan kegembiraannya. “Syukur yang tidak terhingga atas peresmian proyek pipanisasi ini. Proyek ini bukan semata-mata proyek mengalirkan mata air ke Desa Sajang, tapi juga merupakan proyek mengalirkan sumber kehidupan masyarakat Desa Sajang pada Khusunya dan Kecamatan Sembalun pada umumnya.” ujarnya.

“Karena sebelumnya sama-sama kita ketahui bahwa Desa Sajang mengalami kesulitan sumber air sejak lama, sejak sebelum gempa dan diperparah lagi oleh kejadian gempa tahun lalu yang meluluhlantakkan seluruh kecamatan Sembalun dan sebagian besar kabupaten Lombok utara.” pungkasnya.

RELATED ARTICLES
spot_img
Kamis, Maret 28, 2024
- Advertisment -spot_img

Populer Pekan ini

Kamis, Maret 28, 2024
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Banyak Dibaca

- Advertisment -