Selasa, Juni 18, 2024
spot_imgspot_img
BerandaEkonomiMengetahui Asuransi Askrida dan Takaful Serta Pilihan Produknya

Mengetahui Asuransi Askrida dan Takaful Serta Pilihan Produknya

- Advertisement - Universitas Warmadewa

Asuransi dapat menjadi jaring pengaman bagi Anda yang dimana asuransi akan berguna untuk meminimalisir dampak dari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Meski begitu, banyaknya produk asuransi dari berbagai perusahaan asuransi membuat masyarakat kerap merasa bingung memilih yang mana.

Salah satu produk asuransi adalah Asuransi Askrida yang dikelola oleh perusahaan asuransi yang dimiliki pemerintah, PT Asuransi Bangun ASKRIDA. Perusahaan ini sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan dan masuk ke dalam keanggotaan sosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI).

Buat yang ingin mengetahui informasi selengkapnya tentang asuransi ini dan apa saja produk yang ditawarkan, bisa membaca selengkapnya dalam artikel berikut ini. Namun, untuk informasi lebih lengkap tentang asuransi Askrida cek di Lifepal.

Selain asuransi Askrida, ada produk lainnya yang bisa menjadi pilihan. Yaitu, asuransi Takaful Umum yang akan dijelaskan pada artikel berikut ini.

Pilihan Asuransi Askrida

Berikut ini adalah macam-macam produk asuransi Askrida yang bisa menjadi pilihan Anda:

Asuransi Kebakaran

Asuransi kebakaran dari Askrida menjamin kerugian atau kerusakan harta benda yang disebabkan kebakaran, ledakan, petir, kejatuhan pesawat, dan asap.

Namun, asuransi ini tidak menjamin perlindungan jika terjadi pencurian atau kehilangan benda saat terjadi kebakaran.

Selain itu, kebakaran hutan, semak, alang-alang atau gambut juga tidak ditanggung oleh asuransi ini. Letusan gunung berapi meskipun mengandung api juga tidak ditanggung oleh asuransi Askrida.

Household Insurance

Household insurance merupakan produk asuransi yang memberikan jaminan kerugian atas rumah tinggal dan penghuninya atas resiko-resiko seperti kebakaran, perampokan/pencurian, gempa bumi, dan lain sebagainya, termasuk atas tuntutan hukum pihak ketiga.

Ada dua harta benda yang dijamin alam asuransi ini yaitu bangunan rumah dan perabotan rumah yang ada di dalamnya.

Jika kerusakannya diakibatkan oleh bahan peledak, reaksi nuklir, radio aktif, dan sejenisnya maka tidak ditanggung oleh asuransi.

Selain itu, rumah yang tidak ditempati lebih dari 14 hari berturut-turut juga tidak mendapatkan perlindungan asuransi.

Asuransi Kendaraan Bermotor

Sesuai dengan namanya, asuransi kendaraan bermotor adalah asuransi yang menjamin atas kerusakan kendaraan bermotor yang diakibatkan karena tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, atau perbuatan jahat oleh orang lain. Misalnya mobil dicuri atau sengaja dirusak oleh orang lain.

Selain itu ada perluasan jaminan berupa biaya pengobatan, cidera, atau kematian yang disebabkan karena kecelakaan kendaraan bermotor. Jaminan lainnya adalah biaya bantuan para ahli yang berkaitan dengan tanggung jawab hukum.

Akan tetapi jika kecelakaan disebabkan karena ketidakmampuan berkendara karena baru belajar mengemudi atau kendaraan digunakan untuk konvoi maka Anda tidak bisa mendapatkan asuransi ini. Sebabnya sudah melebihi batas aturan polis asuransi.

Asuransi Kontraktor

Produk asuransi selanjutnya dari Askrida adalah asuransi kontraktor. Asuransi yang memberikan jaminan kerugian atau kerusakan yang terjadi secara tidak terduga dan tiba-tiba terhadap obyek yang dari suatu pekerjaan konstruksi teknik sipil selama periode pembangunan.

Jadi asuransi ini berlaku untuk pembangunan yang didalamnya adalah proyek konstruksi. Kerusakan yang terjadi selama pembangunan itu nantinya diganti dan biaya pergantiannya ditanggung oleh pihak asuransi.

Asuransi Pemasangan Mesin

Asuransi pemasangan mesin menjamin  kerugian atau kerusakan yang terjadi secara tiba-tiba dan tidak terduga karena kerusakan fisik pada mesin-mesin selama proses pemasangan.

Jadi tujuan dari asuransi ini adalah mengganti biaya apabila saat pemasangan mesin terjadi kerusakan. Asuransi ini tidak berlaku jika mesin digunakan untuk keperluan perang.

Selain itu, ada perluasan jaminan berupa Biaya ekstra untuk lembur, kerja malam, kerja pada hari libur umum, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Travel Insurance

Travel insurance atau asuransi travel adalah asuransi yang memberikan jaminan  kerugian yang terjadi kepada tertanggung selama melakukan perjalanan baik ke dalam negeri maupun keluar negeri.

Beberapa risiko yang dijamin antara lain yaitu kematian, cacat tetap, biaya medis, kehilangan bagasi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Takaful Umum merupakan perusahaan asuransi umum berbasis syariah pertama di Indonesia yang sudah berdiri pada tanggal 24 Februari 1994 dan memiliki kantor pusat di kota Jakarta.

Kelahiran perusahaan ini bukti dari komitmen nyata dan kepedulian tulus akan perkembangan perekonomian syariah yang ditujukan untuk kemakmuran adil bagi masyarakat.

Produk Takaful Umum

Sebagai pelopor perusahaan asuransi umum berbasis syariah Tafakul hadir dengan produk asuransi yang sangat beragam. Secara umum produk asuransinya dapat dikategorikan dalam 6 kategori, di antaranya:

1. Rekayasa

Kategori pertama Rekayasa mencakup beberapa opsi sebagai berikut.

·  Takaful Contractor All Risk

Merupakan polis asuransi yang memberi ganti rugi untuk kerusakan fisik selama proyek pekerjaan teknis sipil.

·  Takaful Erection All Risk

Polis asuransi ini memberi ganti rugi untuk kerusakan fisik yang terjadi selama pelaksanaan mekanikal atau elektrikal dalam proyek teknik sipil.

·  Takaful Machinery Breakdown

Polis asuransi ini memberikan perlindungan untuk bermacam jenis kerusakan mesin dan peralatan mekanik. Terutama kerusakan yang terjadi selama waktu pengoperasian, perbaikan, dan saat pembersihan.

·  Takaful Electronic Equipment

Polis asuransi ini memberikan ganti rugi untuk kerusakan fisik peralatan elektronik.

· Takaful Contractor Plant and Machinery

Polis asuransi ini memberi perlindungan dan juga pertanggungan untuk kerusakan pada peralatan, perlengkapan, plant contractor site, dan mesin.

2. Kendaraan Bermotor

Untuk kategori kendaraan bermotor terdapat produk Takaful Kendaraan Bermotor Standar. Manfaat pertanggungan yang diberikan berupa perlindungan pada kendaraan bermotor dari sejumlah risiko benturan, terbalik, tergelincir, tabrakan, atau terperosok.

Pertanggungan juga diberikan untuk risiko pencurian baik yang disertai dengan kekerasan ataupun tidak dan perlindungan pada risiko perbuatan orang tidak bertanggung jawab. Adapun kendaraan yang dapat di-cover meliputi kendaraan non bus, pick up, bus, dan truk.

3.  Aneka

Kategori ketiga, aneka mencakup sejumlah produk di antaranya:

·  Takaful Public Liability

Polis ini memberi pertanggung jawaban hukum kepada pihak ke-3 karena cedera badan atau kerusakan harga benda akibat kelalaian aktivitas usaha yang dijalankan tertanggung.

·  Takaful Automobile Third Party Liability

Polis ini memberikan pertanggung jawaban hukum pihak ke-3 untuk kelalaian dari penggunaan kendaraan bermotor oleh tertanggung sehingga menyebabkan cedera atau kerugian harga bedan.

·  Takaful Kebongkaran

Polis ini memberikan ganti rugi untuk pihak tertanggung akan kerusakan harta atau kehilangan harta akibat pencurian. Baik pencurian yang disertai dengan kekerasan atau pembongkaran.

· Takaful Uang

Polis ini menawarkan perlindungan uang atau alat tukar lain dari bermacam bentuk risiko yang mungkin terjadi.

4.  Pengangkutan

Kategori pengangkutan mencakup Takaful Pengangkutan Marine Cargo. Produk ini merupakan produk Tafakul yang memberi jaminan untuk kehilangan dan atau kerusakan pada barang-barang selama proses pengangkutan via transportasi air, darat, atau udara.

5.  Harta Benda

Kategori kelima Harga Benda meliputi produk-produk di bawah ini:

·  Takaful Kebakaran Standar

Polis ini memberikan perlindungan ganti rugi untuk tertanggung yang mengasuransikan harta benda atau properti dari berbagai bentuk risiko kerugian.

·  Takaful Gempa Bumi

Polis ini memberikan perlindungan ganti rugi biaya untuk properti dan harta benda yang terancam risiko kerusakan akibat gempa bumi.

· Takaful Property All Risk/Industrial All Risk

Polis ini memberikan manfaat perlindungan akan semua risiko kerugian yang mungkin terjadi secara mendadak tanpa diduga.

6.  Kecelakaan Diri

Kategori terakhir kecelakaan diri memberi opsi produk sebagai berikut:

· Takaful Kecelakaan Diri

Polis asuransi ini memberikan manfaat finansial pertanggungan kepada nasabah jika mengalami kecelakaan hingga yang menyebabkan cacat atau meninggal dunia.

·  Takaful Umroh dan Haji Khusus

Polis ini memberikan perlindungan tambahan untuk perjalanan umrah dan juga haji kepada nasabah.

Masing-masing produk asuransi di atas bisa dipilih sesuai kebutuhan. Adapun untuk pelayanan Tafakul senantiasa berkomitmen memberikan pelayanan yang tidak sekedar memuaskan tapi juga pelayanan prima agar dapat memberi solusi untuk kebutuhan bertafakul masyarakat.

Namun, seperti halnya mempelajari polis asuransi Allianz atau polis asuransi lainnya, sebagai calon nasabah kiranya juga penting mempelajari setiap ketentuan dan syarat dalam polis yang berlaku.

RELATED ARTICLES
spot_img
Selasa, Juni 18, 2024
- Advertisment -spot_img

Populer Pekan ini

Selasa, Juni 18, 2024
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -
- Advertisment -

Banyak Dibaca

- Advertisment -