Senin, November 28, 2022
Senin, 28 November, 2022

Asnirawati Ketuai Pengprov Ferkushi NTB

- Advertisement -

HarianNusa, Mataram – Cabang olahraga (cabor) baru bertambah di NTB. Nama cabor tersebut adalah Kurash. Cabor bela diri ini resmi terbentuk pada 28 September 2022, dimana Drs. Hj. Asnirawati ditunjuk dan ditetapkan sebagai Ketua Pengurus Provinsi Federasi Kurash Indonesia (Pengprov Ferkushi) NTB yang ditandatangani Ketua Umum PB Ferkushi, Mayjen TNI Abdul Hafil Fuddin.

Surat Keputusan PB Ferkushi atas penetapan Asnirawati sebagai Ketua Ferkushi NTB untuk masa bakti 2022-2026 itu, diserahkan oleh Ketua Umum KONI NTB, H. Mori Hanafi, didampingi Sekretaris Umum, M Nur Haedin, di Kantor Sekretariat KONI NTB, Sabtu (8/10/2022). Asnirawati hadir langsung menerima SK tersebut, dan disaksikan para pengurus Pengprov Ferkushi NTB.

Ketua Umum KONI NTB, H. Mori Hanafi, berpesan kepada pengurus Ferkushi NTB agar bekerja secara serius dalam mengembangkan cabang olahraga ini.

"Kurash NTB sebagai cabor baru segera menyesuaikan diri dan bisa ikut serta pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) yang direncanakan diagendakan tahun 2023," harapnya.

Asnirawati sendiri merasa bangga dan berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya. Ia juga berterimakasih atas kehadiran Ketua Umum KONI NTB untuk menyerahkan langsung SK dari PB Ferkushi tersebut.

Kurash adalah jenis olahraga bela diri yang memiliki gerakan dasar saling membanting dengan mengaitkan baju khusus. Olahraga Kurash berasal dari wilayah Tatarstan, Asia Tengah atau yang sekarang dikenal dengan wilayah Uzbekistan.

Pada dasarnya, Kurash memiliki teknik bela diri yang hampir sama dengan judo dan gulat. Bedanya, Kurash hanya boleh menggunakan bantingan atas dengan tangan dan tidak boleh bantingan bawah atau menggunakan kaki.

Bagi masyarakat NTB, olahraga Kurash memang masih asing terdengar. Cabang olahraga Kurash untuk pertama kalinya dipertandingkan pada Asian Games 2018 Jakarta – Palembang. Di sini, Indonesia sebagai tuan rumah wajib ambil bagian dalam cabor baru ini. Hal itu juga akan berlaku untuk NTB, dimana saat akan menjadi tuan rumah PON XXII tahun 2028 nanti, NTB wajib ambil bagian di cabor ini.

Secara nasional, PB Ferkushi sudah banyak melaksanakan agenda-agenda penting. Seperti Kejurnas Kurash untuk seleksi atlet nasional dan berpartisipasi dalam SEA Games 2019 di Manila. Selain dalam ajang multi event tingkat Asia dan Asia Tenggara, Team Kurash Indonesia juga pernah mengikuti kejuaraan pada World Martial Arts Masterships tahun 2019 di Chungju, Korea Selatan.

Untuk meningkatkan prestasi cabang olahraga Kurash di Indonesia, PB Ferkushi terus melakukan pembinaan dengan mengadakan pendidikan dan pelatihan. Kepengurusan Ferkushi di Provinsi juga terus bertambah dan ditargetkan tahun 2022 seluruh provinsi di Indonesia sudah ada kepengurusan Ferkushi. Cabor ini pun sudah melaksanakan eksebisi di PON XX Papua dan siap dipertandingan secara resmi di PON XXI tahun 2024. (03)

Ket. Foto:
Penyerahan SK PB Ferkushi yang menetapkan Asnirawati sebagai Ketua Kurash NTB periode 2022-2026. (Istimewa)

- Advertisement -
spot_img
Senin, 28 November, 2022
spot_img

Share post:

Subscribe

Berita Populer

Berita Terbaru

Berita Lainnya
Terkait

Perkuat Upaya Preventif dan Penegakan Hukum untuk mencegah kasus ketenagakerjaan

HarianNusa, Mataram - Para pejabat Fungsional Pengawas Ketenagakerjaan dan...

NTB-MWA Universitas Sebelas Maret siap jalin Kerjasama Pendidikan

HarianNusa, Mataram - Peningkatan Sumber Daya Manusia yang menjadi...

STBA LIA Jakarta Memperluas Kerjasama dengan Beberapa Perusahaan Jepang

HarianNusa, Jakarta - Pada Selasa, 22 November 2022 STBA...

Pertahankan Kearifan Lokal dan Persiapan PON 2028, HUT 64 NTB akan Dimeriahkan Pacuan Kuda

HarianNusa, Mataram - Dalam rangka memeriahkan HUT ke 64...