Jumat, Januari 27, 2023
Jumat, 27 Januari, 2023

Wujudkan Desa Preneur, Mahasiswa KKNT Unram Dampingi UMKM Anjani Berinovasi

- Advertisement -

HarianNusa, Lombok Timur, Kelompok Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Universitas Mataram memberikan pendampingan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Anjani, Kecamatan Suralaga, Kabupaten Lombok Timur. Pendampingan ditujukan untuk meningkatkan nilai tambah pada pengolahan produk hasil industri rumahan masyarakat setempat.

Ketua KKNT Unram Desa Anjani, Yusuf Kautsar Rohiman mengatakan, tema dari program KKNT yang merupakan salah satu tugas akhir mahasiswa tahun ajaran 2022/2023 itu adalah Desa Preneur, yaitu meningkatkan kemampuan untuk menumbuhkan unit-unit usaha skala Desa, yang diusahakan oleh warga desa setempat.

"Tema KKNT Unram di Desa Anjani adalah mengembangkan Desa Preneur, yang bertujuan untuk memberikan penguatan pengetahuan dan keterampilan berwirausaha masyarakat. Kemudian peningkatan mutu, nilai tambah, dan daya saing dari produk usaha masyarakat," jelasnya.

Salah satu bentuk kegiatan pendampingan yang diberikan oleh kelompok KKNT Unram di Desa Anjani yakni dengan memberikan pelatihan lewat Seminar Kewirausahaan bagi para pelaku UMKM. “Untuk merealisasikan tema Desa Preneur di Anjani ini, kami menyelenggarakan Seminar Kewirausahaan ini sebagai upaya pendampingan bagi para pelaku UMKM," ujarnya.

Salah satu narasumber yang dihadirkan dalam Seminar tersebut adalah Manager Inkubator Bisnis dan Inovasi LPPM Unram, Sarah Seri Rahayu. Adapun materi yang disampaikan yakni mengenai alur pendampingan kelompok usaha, management kelompok usaha, serta pendampingan untuk mendapatkan legalitas usaha bagi UMKM.

Menurut Sarah pendampingan management kelompok usaha, pendampingan legalitas usaha sangat penting bagi UMKM, terutama berkaitan dengan akses pemasaran, akses permodalan, permohonan proposal bantuan peralatan ke instansi pemerintah.

"Legalitas usaha itu sangat penting terutama untuk bisa mengakses permodalan ke perbankan. Kemudian untuk bisa masuk ke akses pemasaran, diperlukan legalitas badan hukum usaha," jelasnya.

Selain itu Sarah juga memberikan setrategi pengemasan produk dalam rangka meningkatkan nilai tambah pada produk, dan bisa masuk bersaing ke pasaran. Dalam rangka itu peran penting dari BUMdDes juga sangat dibutuhkan sebagai Agregator penggerak UMKM Desa.

Dalam sesi Seminar Kewirausahaan tersebut, kelompok mahasiswa KKNT Unram juga menyelenggarakan sharing session dari para pelaku UMKM. Desa Anjani sendiri memiliki banyak potensi lokal. Salah satunya yakni pengolahan Jamur Tiram.

Terkait hal itu, Kepala Desa Anjani, Muhammad Said memberikan apresiasi kepada Kelompok KKNT Unram atas program pelatihan dan pendampingan yang diberikan kepada para pelaku UMKM di Desa Anjani. Ia berharap dengan pelatihan dan pendampingan tersebut dapat membantu masyarakat dalam mengambangkan produk dan mendapatkan izin legalitas usaha.

“Para peserta sangat antusias, karena kegitan ini sangat bagus. Semoga dapat membantu masyarakat dalam mengembangkan produk, mendapatkan izin legalitas usaha sehingga UMKM di Desa Anjani makin berkembang maju sehingga perekonomian masyarakat Desa makin maju," pungkas M. Said. (03)

Ket. Foto :
Mahasiswa KKNT Unram berikan pelatihan dan pendampingan kepada pelaku UMKM Desa Anjani dalam mengembangkan inovasi produk. (Istimewa)

- Advertisement -
spot_img
Jumat, 27 Januari, 2023
Tokopedia
Tokopedia
Tokopedia

Share post:

Subscribe

Berita Populer

Berita Terbaru

Berita Lainnya
Terkait

Direct Flight ke Lombok Dibuka Kembali, Gubernur NTB: Terimakasih Airasia

HarianNusa, Jakarta - Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah bertemu...

Winengan: Pak Mesir Aktivis Hingga Akhir Hayatnya

HarianNusa, Jakarta - Sekitar pukul 22.27 WIB, Koordinator Presidium...

Mantapkan RKPD 2024, Pemkab Lobar Gelar Konsultasi Publik

HarianNusa, Lombok Barat - Pemerintah Kabupaten Lombok Barat mengadakan...

Anugerah Media Humas 2023 digelar di NTB

HarianNusa, Jakarta - Kepala Dinas Kominfotik NTB, Dr. Najamuddin...