Selasa, Juni 25, 2024
spot_imgspot_img
BerandaNTBHingga Hari Keempat Pendaftaran, Baru 3 Balon DPD yang Mendaftar ke KPU...

Hingga Hari Keempat Pendaftaran, Baru 3 Balon DPD yang Mendaftar ke KPU NTB

- Advertisement - Universitas Warmadewa

HarianNusa, Mataram – Komisi Pemilihan Umum  ( KPU) Nusa Tenggara Barat (NTB) telah membuka pendaftaran bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah  Republik Indonesia (DPD RI) dapil Provinsi NTB dan pengajuan bakal calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi NTB oleh partai politik (parpol) tingkat Provinsi NTB sejak tanggal 1 Mei hingga 14 Mei 2023.

Dari hari pertama pendaftaran hingga hari keempat (4/5/23), baru tiga orang bakal calon DPD yang mendaftar ke KPU NTB, yakni atas nama Maskahyangan dan Musa Shofiandy, dan Sa’adatu Hayati Putri. Sedangkan untuk DPRD masih nihil.

Terkait masih minimnya jumlah pendaftaran, Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM KPU NTB Agus Hilman, pada Senin, (01/5) mengugkapkan bahwa menyerahkan hak prerogatif sepenuhnya kepada bacaleg dan parpol terkait waktu pendaftaran ke KPU sesuai tahapan. 

“Kami sebenarnya tidak bisa intervensi itu. Pada prinsipnya kami siap menerima kapanpun sepanjang masih dalam tahapan 1 sampai dengan 14 Mei itu. Di hari terakhir, yakni 14 Mei KPU akan menerima hingga pukul 23.59 Wita,” ungkapnya.

Ia menegaskan bahwa berdasarkan kode etik, pihaknya tidak bisa menerima jika ada balon yang mendaftar di luar waktu yang sudah ditentukan.  

“Pada prinsipnya kami berharap lebih cepat lebih memudahkan. Tapi kami menyerahkan sepenuhnya kepada partai politik,” imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, terdapat 24 bakal calon DPD dinyatakan lolos syarat administrasi dari dukungan minimal dan sebaran pemilih.

Agus Hilman mengatakan bahwa pihaknya memahami betul perihal dinamika masing-masing parpol. 

“Prinsipnya kita siap menerima sepanjang waktu yang telah ditentukan,” ujarnya.

Pada April kemarin, KPU NTB telah mengumumkan sebanyak 24 bakal calon anggota DPD dapil NTB  dinyatakan memenuhi syarat, yakni: Achmad Sukisman Azmy (Inkumben), Ahmad Turmuzi, Evi Apita Maya (Inkumben), TGH Ibnu Halil (Inkumben), Jamhari Latif,  Lalu Gede Muhammad Ali Wirasakti Amir Murni,  Lalu Rudy Irham Srigede, Lalu Suhaimi Ismy (Inkumben),  Maskahyangan,  Maureen Grace Wenas, Mirah Midadan Fahmid, Muh Rifki Farabi, Muhaimin Yahya Mutawalli, Muhir,  Mulyadi, Musa Shofiandy, Nurdin Ranggabarani, Nurhaidah, Ridwan Hidayat, Sa’adatul Hayati Putri,  Sabolah, Subuhunnuri,  Tauhid Rifa’i, dan Zaini Arony.    (03)

Ket Foto:
Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM KPU NTB Agus Hilman. (Istimewa)

RELATED ARTICLES
spot_img
Selasa, Juni 25, 2024
- Advertisment -spot_img

Populer Pekan ini

Selasa, Juni 25, 2024
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -
- Advertisment -

Banyak Dibaca

- Advertisment -