Kamis, Juli 18, 2024
spot_imgspot_img
BerandaNTBPj Gubernur Maju Pilkada NTB, Dewan Siapkan Tiga Nama Calon Pengganti

Pj Gubernur Maju Pilkada NTB, Dewan Siapkan Tiga Nama Calon Pengganti

- Advertisement - Universitas Warmadewa

HarianNusa, Mataram – Mantap maju dalam kontestasi Pilkada NTB 2024, H. Lalu Gita Ariadi mengatakan siap mundur sebagai Penjabat Gubernur NTB sesuai mekanisme yang diatur dalam Surat Edaran Mendagri RI. Bahkan ia mengatakan bisa saja mundur sebelum tanggal yang telah ditetapkan.

"Kita berproses, mempedomani Surat Edaran Mendagri. Mudah-mudahan segala sesuatunya berjalan positif maka pada saatnya kita pasti menjalankan proses yang sudah terang benderang mekanismenya. Bisa saja sebelum itu (tanggal yang sudah ditetapkan dalam Surat Edaran Mendagri, red)," ungkap Miq Gita saat diwawancara pekan lalu.

Perihal pengunduran diri Penjabat Gubernur NTB tersebut, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi NTB telah melakukan pembahasan berkaitan dengan mekanisme lanjutan pengunduran diri PJ Gubernur sesuai dengan mekanisme yang diatur dalam Surat Edaran Mendagri RI.

"Lembaga Dewan secara normatif mengikuti mekanisme sebagaimana yang diatur dalam Surat Edaran Mendagri RI. Dan menyangkut usulan nama pengganti PJ Gubernur sudah dilakukan pembahasan ditingkat Pimpinan Dewan dan juga ditingkat Pimpinan Fraksi," ungkap Wakil Ketua DPRD NTB, Nauvar Furqoni Farinduan, (6/6), di Mataram.

Pertanyaannya apakah sebaiknya PJ Gubernur sekarang harus mundur segera atau tidak, Farin mengatakan tentu secara normatif mengikuti mekanisme regulasi.

"Namun kalau pun memang beliau sudah berniat ingin maju, saran saya segera saja mundur agar tidak terjadi conflict of interest baik di pemerintahan maupun dimasa depan politiknya," kata Farin yang juga bakal maju pada Pilkada Lobar mendatang.

Menurutnya, DPRD NTB telah membahas mekanisme lanjutan pada saat nantinya PJ Gubernur mengajukan surat pengunduran diri.

"Siapa penggantinya, bagaimana mekanismenya dan lainnya sudah dilakukan pembahasan," ungkap Politisi Partai Gerindra itu.

Dewan akan mengajukan tiga nama calon pengganti Pj Gubernur. Namun yang satu sudah mundur jadi masih ada sisa dua nama," pungkasnya. (HN3)

Ket. Foto:
Wakil Ketua I DPRD NTB, Nauvar Furqoni Farinduan saat diwawancara di sela-sela kegiatannya. (HarianNusa)

RELATED ARTICLES
spot_img
Kamis, Juli 18, 2024
- Advertisment -spot_img

Populer Pekan ini

Kamis, Juli 18, 2024
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -
- Advertisment -

Banyak Dibaca

Berita Terbaru

- Advertisment -