Jumat, Maret 29, 2024
BerandaNasionalMahkamah Agung dan Kementerian Hukum dan HAM Buka Lowongan CPNS 2017

Mahkamah Agung dan Kementerian Hukum dan HAM Buka Lowongan CPNS 2017

- Advertisement -

HarianNusa.com, Jakarta – Dua lembaga negara, yakni Mahkamah Agung (MA) dan Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun 2017. Pendaftaran akan dimulai bulan Agustus mendatang. Rabu, (12/7).

Dilansir dari Liputan6, jumlah formasi yang dibuka kedua lembaga tersebut sebanyak 19.210 orang, yang terdiri dari 1.684 CPNS untuk Mahkamah Agung (MA) dan 17.962 kursi CPNS di Kementerian Hukum dan HAM.

Formasi untuk kedua instansi tersebut diketahui sebanyak 19.210 orang, yang terdiri dari 1.684 CPNS untuk MA dan 17.962 kursi CPNS di Kementerian Hukum dan HAM.

Jumlah itu sudah termasuk mengakomodasi putra-putri lulusan terbaik (cumlaude) dan putra-putri Papua dan Papua Barat. Kuota untuk lulusan cumlaude sebanyak 468 orang, sedangkan putra-putri Papua dan Papua Barat 301 orang.

Disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur, penambahan kuota pegawai di kedua lembaga tersebut menjadi prioritas karena peningkatan beban kerja dan banyaknya pegawai yang akan memasuki usia pensiun.

Lebih jauh, Asman menjelaskan, kalau dari formasi tersebut, yang dibutuhkan MA sebagai calon hakim sejumlah 1.684 untuk ditempatkan pada peradilan umum, peradilan agama dan peradilan tata usaha negara. Sedangakan kualifikasi dibutuhkan hanya sarjana hukum, sarjana syariah dan sarjana hukum Islam.

Sementara untuk formasi Kementerian Hukum dan HAM terdiri dari 21 jabatan. Dari penjaga lembaga pemasyarakatan (lapas) hingga analis Keimigrasian.

“Kuota untuk penjaga lapas mencapai 14 ribu, dengan kualifikasi lulusan SLTA sederajat yang menguasai komputer,” ucap Asman.

Kuota formasi untuk Kementerian Hukum dan HAM sebanyak 17.962 kursi. Di antaranya 14 ribu untuk jabatan penjaga Lapas, dan 2.278 analis keimigrasian.

Sedangkan kualifikasi untuk analis keimigrasian, lanjut Asman, adalah sarjana dari berbagai jurusan, antara lain Hukum, Sosial Politik, Ekonomi, Akuntansi, Komunikasi, Teknik Informatika, Teknik Komputer dan Bahasa Asing.

Untuk diketahui, pendaftaran dapat dilakukan dan terintegrasi secara online melalui situs sscn.bkn.go.id, mulai tanggal 1 – 31 Agustus 2017. (sta)

 

Informasi mengenai rekrutmen CPNS ini dapat dilihat di situs:

a. Situs Kementerian PANRB: www.menpan.go.id
b. Situs BKN: https://sscn.bkn.go.id
c. Situs Mahkamah Agung: https://www.mahkamahagung.go.id, http://badilum. mahkamahagung.go.id, http://badilag.mahkamahagung.go.id, http://ditjenmiltun. mahkamahagung.go.id/
d. Situs Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia: http://cpns.kemenkumham2017.go.id

RELATED ARTICLES
spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
- Advertisment -spot_img

Populer Pekan ini

Jumat, Maret 29, 2024
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Banyak Dibaca

- Advertisment -