Bertambah, 50 Warga Mataram Daftar Jadi Penduduk di Luar Angkasa

172
Statis jumlah warga Mataram daftarkan diri jadi penduduk Asgardia. (satria/hariannusa.com)

HarianNusa.com, Mataram – Sebanyak 50 warga Mataram mendaftarkan diri menjadi penduduk luar angkasa, Jumat (28/7). Hal tersebut dilakukan tidak lama sebelum dideklarasikan negara Asgardia yang bertempat di luar angkasa.

Negara tersebut menjadi perbincangan hangat dan viral di beberapa media nasional dan lokal setelah dideklarasikan oleh seorang ilmuan Rusia, Igor Ashurbeyli.

Meskipun negara luar angkasa tersebut secara resmi belum terwujud, namun banyak orang telah mendaftarkan diri menjadi warga negara melalui situs website resmi Asgardia pada https://asgardia.space/en/.

Di Mataram, pendaftaran tersebut dilakukan sejak jauh hari. Dari 50 data terkini yang mendaftarkan diri tersebut, 68 persen merupakan pria dan 32 persen merupakan wanita.

Banyak pihak yang menganggap pendirian negara luar angkasa ini merupakan hiburan semata, atau dengan kata lain adalah palsu. Namun tidak sedikit juga orang yang meyakini keberadaan negara luar angkasa tersebut, terlebih lagi negara tersebut dideklarasikan oleh seorang ilmuan.

Untuk mendaftarkan diri tergolong mudah, seseorang hanya akan mengisikan data dirinya melalui situs Asgardia, setelah itu orang tersebut akan menerima nomor ID sebagai bukti telah mendaftarkan diri menjadi penduduk luar angkasa.

Ada hal berbeda dari tanggal yang digunakan negara Asgardia tersebut. Tidak seperti umumnya menggunakan 12 bulan dalam satu tahun, pada negara tersebut terdapat 13 bulan dalam satu tahun. Setelah bulan Juni, dalam kalender negara tersebut memasukan bulan Asgard. Sementara setiap tahun dan minggu pada negara tersebut diawali dengan hari Minggu.

“The Asgardian Calendar uses the same year numbering and number of weekdays as the Gregorian Calendar. However, the calendar is divided into 13 months with 28 days, giving each month exactly 4 weeks,” tulisan dalam situs Argadian tersebut.

Sementara sebutan untuk penduduk Asgardia adalah Asgardian. Kini jumlah orang yang mendaftar menjadi warga negara luar angkasa tersebut terus bertambah. Apa anda tertarik menjadi penduduk Asgardia? (sat)