Delapan Pesawat Latih KT-1B Woong Bee Tiba di Lanud Rembiga

75
Pesawat latih lanjut KT-1B Woong Bee Skadron Pendidikan 102 Lanud Adi Sucipto di Lombok International Airport, Praya, Loteng. (ist/hariannusa.com)

HarianNusa.com, Mataram – Delapan pesawat latih lanjut KT-1B Woong Bee tiba di Lanud Rembiga, Kota Mataram. Pesawat milik Skadron Pendidikan 102 itu menjalankan misi latihan terbang dari Lanud Adi Sucipto, Yogyakarta ke Lombok.

Tujuan akhir pesawat tersebut yakni Lombok International Airport (LIA) di Praya, Lombok Tengah dari seluruh rute latihan, sejak take-off dari Bandara Adi Sucipto, Yogyakarta dan singgah di Bandara Abdulrahman Saleh, Malang.

Komandan Skadron Pendidikan 102, Letkol Pnb H M Kisha memimpin langsung jajaran delapan pesawat latih tersebut, yang diterbangkan siswa Sekbang Angkatan 91. Kedatangannya disambut bangga Danlanud Rembiga, Kolonel Pnb Dodi Fernando di Apron Bandara LIA.

“Pesawat latih kebanggan TNI AU ini akan memakai Lanud Rembiga sebagai pangkalan laju operasi pendukung penerbangan. Kami mendukung siswa Sekbang Angkatan 91,” ungkap Danlanud.

Para siswa dengan delapan pesawat KT-1B Woong Bee itu melaksanakan latihan terbang Navigasi Jarak Jauh (NJJ).

“Latihan ini tujuannya meningkatkan kemampuan siswa dalam terbang navigasi menggunakan politage, atau baca peta, time calculation, dan fuel logging,” terang Dodi.

Latihan NJJ itu merupakan latihan pamungkas para siswa. “Latihan terakhir sebelum mereka dilantik sebagai penerbang TNI AU pada Agustus mendatang,” sebutnya.

KT-1B Woong Bee bikinan Korea Selatan, beraksen merah putih adalah salah satu bagian jajaran Jupiter Aerobatic Team (JAT), yang merupakan duta dirgantara Indonesia. JAT kerap menampilkan atraksi memukau dalam setiap perhelatan akrobat udara. (sat)

iklanbebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online