Polda NTB Lacak Pelaku Teror Melalui CCTV

101
Tim Gegana Polda NTB mengamankan benda mencurigakan diduga bom. (Humas Polda NTB)

HarianNusa.com, Mataram – Penemuan pipa berisi material paku, kabel, kelereng dan jam waker gegerkan warga sekitar Jalan Tribrata di area Polres Mataram pagi tadi, Sabtu (5/8).

Tim penjinak bom dari Sat Brimob Polda NTB tiba di lokasi dan melakukan pengamatan menggunakan x-ray. Adanya material elektronik membuat Tim Gegana mengamankan pipa berukuran 4 cm tersebut ke Mako Brimob Polda NTB.

Hasil discrupter atau pembongkaran pada pipa tersebut, ditemukan setengah kilo paku berukuran 7 cm, kelereng, kabel dan jam waker. Namun dapat dipastikan benda tersebut bukan bom, karena pada pipa tersebut tanpa ada bahan primer dan sekunder yang dapat memicu ledakan.

“Setelah discrupter pada benda tersebut, diduga kuat bahwa itu bukan bom, sebab tanpa bahan primer dan sekunder,” ujar Kabid Humas Polda NTB, AKBP Tri Budi Pangastuti.

Meskipun bukan merupakan bahan peledak, namun diduga kuat orang tak dikenal yang menaruh benda tersebut memiliki motif untuk meneror masyarakat. Sehingga Polda NTB akan melakukan penyelidikan terhadap pelaku.

“Hasil analisa sementara benda itu tidak diletakan begitu saja. Hasil temuan, benda tersebut harus dicurigai sebagai upaya teror dari orang tak dikenal,” ungkapnya.

Polisi hingga kini masih memeriksa saksi-saksi dan melakukan pengecekan melalui CCTV yang ada di sekitar lokasi kejadian. Berharap siapa di balik pelaku yang meletakan benda mencurigakan tersebut dapat terkuak.

“Mengenai siapa pelakunya yang meletakan benda tersebut, masih diselidiki Polres Mataram. Diawali dengan pemeriksaan saksi-saksi dan pengecekan rekaman CCTV di areal TKP,” tuturnya. (sat)