Pembobol Rumah di Mataram Diringkus Polisi

94
Pelaku berinisial EP salah satu dari tiga pelaku pembobol rumah di BTN Perum Elit. (satria/hariannusa.com)

HarianNusa.com, Mataram – Pelaku pembobolan rumah di Jl. TGH Ali Batu, BTN Perum Elit, Blok R, Nomor 9, Kelurahan Jempong Baru, Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram diringkus Team Opsnal Polres Mataram, Minggu (13/8).

Pelaku diketahui berinisial EP (21) asal Kelurahan Jempong Baru. Dia melancarkan aksinya pada 15 Desember 2016 lalu bersama rekannya berinisial TA alias Rehan dan MAR alias Andre yang telah lebih dulu ditangkap polisi dan dilimpahkan ke kejaksaan.

Kapolres Mataram, AKBP Muhammad SIK mengatakan modus yang dilakukan para pelaku dengan sebelumnya mengendarai sepeda motor melewati rumah korban. Saat melihat rumah tersebut sepi, pelaku Rehan melompati pagar rumah dengan membawa sebuah linggis kecil, sementara pelaku Andre dan EP menunggu di luar untuk memantau situasi.

“Tersangka menconbgkel jendela yang tidak memiliki trail dengan menggunakan linggis. Kemudian masuk ke rumah tersebut dan mengambil satu unit TV LED merek LG. Selanjutnya tv tersebut diberikan pada dua tersangka yang emnunggu di luar dari atas tembok,” ujarnya, Rabu (16/8).

Pelaku EP ditangkap Team Opsnal Polres Mataram sekitar pukul 21.00 Wita di pinggir Jl. Gajah Mada, Kelurahan Jempong Baru saat sedang duduk-duduk bersama teman-temannya. Dia kemudian digiring menuju Mapolres Mataram.

Hasil introgasi, selain mencuri di lokasi, pelaku juga pernah mencuri di BTN Perum Elit, di rumah yang berbeda dari kasus pencurian ini.

“Dia juga sebelumnya pernah melakukan pencurian pada rumah korban lainnya di BTN Perum Elit bersama temannya Andre dan Rehan. Mereka mencuri satu unit tv, satu laptop, satu handycam dan satu buah HP merek Sony Experia.

Pelaku dikenai pasal 363 ayat (1) ke-3, ke-4 dan ke-5 Kitap Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) dengan ancaman maksimal tujuh tahun penjara. (sat)