Sabtu, Juli 27, 2024
spot_imgspot_img
BerandaHukum & KriminalBenda Menyerupai Bom di Sumbawa Bertujuan untuk Menakuti Warga

Benda Menyerupai Bom di Sumbawa Bertujuan untuk Menakuti Warga

- Advertisement - Universitas Warmadewa

HarianNusa.com, Sumbawa – Benda mencurigakan ditemukan di gerbang timur Kantor Bupati Sumbawa. Benda tersebut ditemukan seorang Satpol PP yang tengah melaksanakan piket sekitar pukul 03.00 Wita dini hari, Rabu (16/8).

Benda tersebut kemudian diamankan Tim Gegana ke Mako Brimob. Hasil identifikasi benda tersebut merupakan pipa paralon sepanjang 21 cm dengan diameter 9,5 cm.

Kabid Humas Polda NTB, AKBP Tri Budi Pangastuti mengatakan hasil identifikasi pada pipa paralon tersebut, di dalamnya berisi paku 5 cm berjumlah 202 dan paku 7 cm berjumlah 83, handak atau jenis pupuk urea bercampur minyak tanah dengan berat 205 gram, switch jam baker, power berjenis batrai Eveready 1,5 V.

“Kita juga menemukan detonator rakitab dan kabel tembaga, kawat pembentuk per dan lampu led. Semuanya ada di dalam pipa paralon yang ditemukan tersebut,” ungkapnya.

Benda tersebut bukan merupakan bom, melainkan berbentuk seperti bom pipa yang dilepaskan orang tidak dikenal dengan tujuan untuk menakuti masyarakat Sumbawa, satu hari menjelang peringatan HUT RI ke-72.

Kapolres Sumbawa, AKBP Yusuf Sutejo mengatakan benda tersebut bukan bom, melainkan menyerupai bom untuk menakuti warga. Dia berharap warga tidak takut dengan teror tersebut.

“Masyarakat Sumbawa tidak perlu takut. Benda mencurigakan yang ditemui kemarin bukan lah bom melainkan menyerupai bom,” ujarnya.

Diketahui, teror serupa juga pernah dua kali terjadi di Kota Mataram. Pada Rabu (26/7) ditemukan tas diduga bom di dekat Kantor DPD Parta Golkar Kota Mataram di Jalan Pemuda, dan pada Sabtu (5/8) ditemukan pipa berisi paku dan rangkaian elektronik di wilayah Polres Mataram. Semua pelaku benda tersebut hingga kini belum ditemukan. (sat)

RELATED ARTICLES
spot_img
Sabtu, Juli 27, 2024
- Advertisment -spot_img

Populer Pekan ini

Sabtu, Juli 27, 2024
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -
- Advertisment -

Banyak Dibaca

Berita Terbaru

- Advertisment -