fbpx
23 C
Mataram
Kamis, Desember 3, 2020
Update Covid-19 Indonesia
549,508
Total Kasus
Updated on 02/12/2020 5:17 pm
Beranda Hukum & Kriminal Hukum Warga NTB kini Dapat Bayar Pajak Kendaraan melalui ATM

Warga NTB kini Dapat Bayar Pajak Kendaraan melalui ATM

- Advertisement -Cloud Hosting Indonesia
- Advertisement -

HarianNusa.com, Mataram – Memperingati HUT RI ke-72 ini, Polda NTB bersama Gubernur NTB, TGH M. Zainul Madji meluncurkan E-Samsat, Kamis (17/8). Ke depannya, masyarakat tidak perlu mengantri dalam membayar pajak kendaraan. Masyarakat cukup membayar melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Launching E-Samsat tersebut dilakukan di Kantor Gubernur NTB, usai menggelar upacara kemerdekaan.

Peluncuran tersebut diharapkan dapat membuat masyarakat termudahkan dalam memanfaatkan pelayanan publik. Adapun cara-cara awal yang harus dilakukan wajib pajak, pertama dengan melakukan pendaftaran dan membawa persyaratan seperti biasanya.

- Advertisement -

Kemudian, dilakukan proses regident. Bila memenuhi syarat, wajib pajak akan diberikan akses E-Samsat dengan mengirim SMS nomor kendaraan dan nomor mesin ke SMS Gateway Bappenda NTB. Kemudian sistem akan membalas memberikan info identitas kendaraan dan nominal pembayaran, dan terakhir wajib pajak akan membayar melalui ATM.

Struk pembayaran melalui ATM akan ditukar dengan notice pajak, kemudian masyarakat akan melakukan pengesahan STNK tahunan di kantor pajak setempat.

“Untuk pengesahannya, Samsat sementara ini hanya untuk satu tahun perpanjangan,” ujar Kabid Humas Polda NTB, AKBP Dra Tri Budi Pangastuti.

Menurut Tri Budi, E-Samsat bertujuan untuk memberikan kemudahan pada masyarakat sekaligus sebagai bentuk transparansi pengelolaan pajak kendaraan.

“Kita membuka layanan publik untuk mewujudkan pemerintah yang bersih. Istilahnya good government and clean governance,” paparnya. (sat)

- Advertisement -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -

Berita Populer Pekan Ini

Ini Cara Mitigasi saat Gempa Bumi

HarianNusa.com - Indonesia berada pada cincin api Pasifik, sehingga potensi gempa bumi dan bencana alam lainnya selalu ada. Menghadapi ancaman bencana alam, mitigasi bencana...

Jarot Ingin Sumbawa Maju

HarianNusa.com, Sumbawa - Pesta demokrasi di Kabupaten Sumbawa akan digelar September tahun 2020i ini. Tana Samawa sudah mulai menghangat. Calon pemimpin masa depan Kabupaten...

KPK Minta Aset Pemprov NTB di Gili Trawangan Ditertibkan

HarianNusa.com, Lombok Utara - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta aset-aset milik Pemerintah Provinsi NTB yang ada di Gili Trawangan mulai di tertibkan. Pasalnya, pengelolaan...

UMP NTB 2021 Ditetapkan, Ini Besaran Nilainya

HarianNusa.com, Mataram - Dewan Pengupahan Provinsi NTB akhirnya menetapkan Upah Minimum (UMP) untuk Tahun 2021. Berdasarkan Sidang Dewan Pengupahan Provinsi NTB yang dilaksanakan pada...
- Advertisment -Cloud Hosting Indonesia