Berniat Kibarkan Bendera di Puncak Gunung, Tiga Pendaki Dievakuasi

187
Tiga pendaki di Gunung Pundu Nence, Bima dievakuasi Tim SAR. (ist/hariannusa.com)

HarianNusa.com, Bima – Sebanyak 1100 orang mendaki Gunung Pundu Nence, Bima. Rombongan pendaki ini mulai mendaki pada (15/8) lalu. Kegiatan tersebut dalam rangka mengibarkan bendera memperingati HUT RI ke-72.

Namun pada Kamis (17/8), tiga rombongan pendaki mengalami kelelahan dan keram. Sehingga mereka harus dievakuasi Tim SAR menuju rumah sakit.

Humas Kantor SAR Mataram, Putu Cakra yang dikonfirmasi, mengatakan Kantor SAR Mataram menerima laporan sekitar pukul 13.00 Wita terkait pendaki yang mengalami cidera. Kemudian Kantor SAR Mataram menindaklanjutinya dengan memerintahkan Tim Rescue Pos SAR Bima untuk melakukan evakuasi.

“Sekitar pukul 16.30 Wita, Tim Rescue Basarnas dan Potensi SAR tiba di lokasi, kemudian langsung melakukan evakuasi,” ujarnya.

Diketahui ketiga pendaki yang mengalami cidera yakni, Risma (17) asal Mende, Kota Bima, Reni (18) asal Kelurahan Tanjung, Kota Bima dan Jumiati (19) asal Kelurahan Weki, Kota Bima.

Tiga pendaki di Gunung Pundu Nence, Bima dievakuasi Tim SAR. (ist/hariannusa.com)

“Korban mengalami kelelahan dan keram. Pada pukul 18.30 Wita ketiga korban berhasil dievakuasi turun sampai ke pemukiman warga dan selanjutnya diserakan ke ambulance untuk dibawa ke Puskesmas Posko,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan, rombongan pendaki tidak mengajukan permohonan pengamanan SAR terkait kegiatan tersebut, sehingga kegiatan tersebut cukup berisiko. (sat)