Bulan Pesona Lombok-Sumbawa Dibuka di Mataram

68
ilustrasi gendang beleq. (ist/hariannusa.com)

HarianNusa.com, Mataram – Bulan Pesona Lombok-Sumbawa 2017 resmi dibuka di Taman Sangkareang, Kota Mataram, Jumat (18/8). Kegiatan tersebut menampilkan pergelaran kesenian dan budaya Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa.

Ratusan masyarakat tumpah ruah menyaksikan parade kesenian ini. Beragam seni dan budaya digelar melalui karnaval di sepanjang Jalan Pejanggik, Kota Mataram. Beragam atraksi mulai dari Gendang Beleq hingga pasukan pengibar bendera warnai parade budaya tersebut.

Kegiatan tersebut akan berlangsung mulai tanggal 18 Agustus hingga 16 September 2017. Rangkaian kegiatan yang akan dipertunjukan meliputi Festival Moyo, Festival Senggigi, Festival Kota Tua, film pendek, Festival Sumbawa Karnaval dan lainnya.

Sedikitnya terdapat 28 acara utama dan 39 rangkaian acara yang dipersiapkan Pemerintah Provinsi NTB. Sementara pengamanan di lokasi dikawal ketat pihak kepolisian. Polisi tampaknya tidak ingin kecolongan jika ajang kebudayaan tersebut dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan.

Direktur Pengamanan Objek Vital (Pamobvit) Polda NTB, Kombes Pol Eko Waluyo mengatakan telah menyiapkan pengamanan ketat sekaligus rekayasa arus untuk menghindari kemacetan.

“Prediksinya kegiatan ini cukup padat, karena melibatkan masyarakat Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Kita siapkan pengamanan ekstra sekaligus rekayasa arus,” ujarnya.

Polisi akan terus melakukan pengamanan di lokasi Taman Sangkareang dan sejumlah tempat yang terkait acara tersebut, hingga acara selesai pada 16 September mendatang. (sat)