Tanamkan Minat Baca, Mahasiswa Unram Buka Lapak Membaca di Desa Lenek

114
Lapak membaca di Desa Lenek, salah satu inisiasi meningkatkan budaya literasi. (ist/hariannusa.com)

HarianNusa.com, Lombok Timur – Kepedulian terhadap generasi, menginisiasikan Mahasiswa Universitas Mataram (Unram) membuka lapak membaca bagi masyarakat. Lapak tersebut dibuka di Desa Lenek, Kecamatan Aikmal, Lombok Timur, Kamis (24/8).

Bertempat di pinggir sungai, Kelompok KKN Unram membuka lapak bacaan gratis. Budaya literasi ditanamkan atas kerjasama mereka dengan Komunitas Taman Baca Mataram.

Sasaran mereka, untuk mengembangkan minat baca terhadap anak-anak desa. Pasalnya akses perpustakaan yang sulit membuat masyarakat kesulitan untuk mendapatkan buku bacaan. Hal ini juga yang dapat menyebabkan rendahnya minat membaca masyarakat.

“Sasaran kita terhadap anak-anak desa agar bisa menggemari membaca. Jika mereka menjadikan membaca sebagai hobi, saya yakin ini menjadi generasi emas bagi bangsa kita. Maka itu, generasi literasi harus dimulai dari desa,” ujar Ketua KKN Unram, Muhammad Awaluddinul Akbar.

Kegiatan positif mereka diapresiasikan masyarakat. Inaq Dila, orang tua dari bocah yang kerap membaca buku di lapak mahasiswa mengaku senang melihat anaknya bisa membaca dan menggambar di lapak tersebut.

“Senang sekali. Semenjak adanya lapak buku ini anak saya jadi suka membaca di sini,” ungkapnya.

Meskipun lapak tersebut tidak hadir secara permanen, namun diharapkan mampu untuk meningkatkan budaya membaca pada masyarakat. Masyarakat di sana dapat dengan bebas meminjam buku di lapak baca tersebut, tentunya dengan syarat buku tersebut tidak dipinjam selamanya. (sat)