fbpx
23 C
Mataram
Rabu, September 29, 2021
Update Covid-19 Indonesia
4,211,460
Total Kasus
Updated on 28/09/2021 7:44 pm
BerandaNTBGempa 6,6 SR Guncang NTB dan NTT

Gempa 6,6 SR Guncang NTB dan NTT

- Advertisement -
- Advertisement -

HarianNusa.com, Mataram – Gempa bumi tektonik berkekuatan 6,6 skala richter mengguncang NTB dan NTT. Gempa bumi terjadi pukul 18.47 Wita, Selasa (24/10). Episenter gempa terletak pada koordinat 7,36 derajat Lintang Selatan – 123,08 derajat Bujur Timur tepatnya pada 106 km Timur Laut Flores Timur – NTT, pada kedalaman 569 Km.

Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Agus Riyanto mengatakan dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan lemah hingga sedang dirasakan di wilayah Waingapu dalam skala intensitas II SIG atau III-IV MMI.

“Guncangan juga dirasakan di Kupang dalam skala intensitas II SIG atau III-IV MMI. Selain itu, di Sumbawa Besar guncangan dirasakan dalam skala intensitas I SIG atau I-II MMI,” ujarnya.

- Advertisement -

“Sementara itu, guncangan dalam skala intensitas I SIG atau I-II MMI dirasakan di Dompu, termasuk di Mataram, juga dirasakan guncangan lemah dalam skala intensitas I SIG atau I-II MMI,” sambungnya.

Gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami. Ditinjau dari kedalamannya, gempabumi ini merupakan jenis gempabumi dalam akibat aktifitas subduksi, hasil interaksi Lempeng Indo-Australia dan Lempeng Eurasia. (sat)

- Advertisement -
- Advertisment -
- Advertisment -

Berita Populer Pekan Ini

- Advertisment -