Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Bank Indonesia Resmikan BI Corner

22
BI Corner (Pojok Baca BI) di Pondok Pesantren Selaparang, Kediri Lombok Barat (f3 /hariannusa.com)

HarianNusa.com, Lombok Barat – Bank Indonesia (BI) tak henti-hentinya berkontribusi dalam pembangunan baik dalam bidang pendidikan maupun peningkatan perekonomian. Kali ini BI mewujudkan kontribusinya tersebut dengan meresmikan BI Corner di Pondok Pesantren Selaparang, Kediri Lombok Barat, Selasa (14/11).

Dalam sambutannya, Deputi Direktur Departemen Komunikasi BI, Iwan Setiawan menyatakan BI Corner merupakan bentuk bantuan sosial BI untuk mendorong peningkatan mutu pendidikan, minat baca dan pemahaman mengenai peran BI sebagai Bank Central.

“Pemahaman masyarakat terhadap peran dan tugas BI sangat penting guna mendukung transmisi kebijakan yang dilakukan,” ungkapnya.

Iwan menyebutkan hingga tahun 2017 ini BI Perwakilan Nusa Tenggara Barat telah membangun sembilan BI Corner yang tersebar baik di Pulau Lombok maupun Pulau Sumbawa.

“Sebelum di Pondok Pesantren Selaparang ini, BI Corner telah dibangun di Universitas Mataram, Universitas Islam Negeri Mataram, Perpustakaan Daerah Provinsi NTB,  Universitas Teknologi Sumbawa, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Kota Bima, Universitas Hamzanwadi, Universitas Muhammadiyah Mataram, dan SMAN 1 Sumbawa,” terangnya.

Iwan melanjutkan didukung dengan desain dan fasilitas yang memadai, serta koleksi pustaka yang berkualitas, BI berharap BI Corner ini dapat menjadi perpanjangan tangan BI untuk mendekatkan sumber informasi yang dimiliki kepada masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama Anggota Komisi XI DPR RI, H. Wilgo  Zainar  mengatakan masyarakat perlu memahami  peran BI secara  luas yang mencakup kebijakan moneter, sistem pembayaran, dan stabilitas sistem keuangan. Ia berpesan agar BI Corner yang diberikan oleh BI dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin, guna memperluas ilmu dan wawasan.

“Pembangunan BI Corner yang merupakan bagian dari Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) ini, harapannya dapat ditingkatkan dan diperluas kedepannya, agar lebih banyak masyarakat yang memperoleh manfaatnya,” ungkapnya dibarengi dengan tepuk tangan para siswa yang hadir.

Pimpinan Pondok Pesantren Selaparang, TGH. Lalu Patimura Farhan menyampaikan kehadiran BI Corner di pondok pesantren harus disyukuri.

Ia menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada BI, atas perhatian yang diberikan untuk pembangunan BI Corner tersebut yang dinilainya sangat membantu para santri dan keluarga besar pondok pesantrennya karena paling tidak program nasional menteri pendidikan untuk generasi sekolah itu tercapai.

“Selama ini kan kita belum menyiapkan tempat baca yang presentatif, nah kehadiran BI Corner ini sangat mendukung sekali,” ungkapnya usai acara peresmian BI Corner.

Ia mengatakan kehadiran BI Corner di pondok pesantren binaannya itu dirasanya sangat bermanfaat tidak hanya dalam menambah wawasan dan pengetahuan namun juga mampu menumbuhkan semangat dan minat membaca bagi para siswa.

“Dengan adanya BI Corner ini tampak jelas minat membaca para siswa jadi meningkat sebelumnya perpustakaan itu sepi sekarang dengan adanya BI Corner menjadi ramai,” sambungnya.

Menurutnya buku-buku yang ada di BI Corner dinilainya sangat bermanfaat apalagi nantinya akan ditunjang dengan buku online yang dinilainya akan menambah cakrawala dan wawasan siswanya.

Ke depannya selain buku-buku yang bersifat umum, ia berharap agar ada juga buku-buku agama seperti buku ekonomi syariah dan buku politik syariah, dan hal-hal yang bersifat menunjang keterampilan.

ia berharap kerjasama antara Pondok Pesantren Selaparang dengan BI terus terjalin bahkan juga berharap  kedepannya  Pondok Pesantren Selaparang menjadi binaan  BI khususnya dalam meningkatkan minat baca.

Hadir dalam acara tersebut Anggota Komisi XI DPR RI H. Wilgo Zainar, Kepala BI NTB  Prijono, Deputi Direktur Departemen Komunikasi BI Iwan Setiawan, Asisten I Kabupaten Lombok Barat H. Halawi, Ketua Ponpes Selaparang H. Patimura beserta seluruh jajaran guru dan para santri Ponpes Selaparang.  (f3)