fbpx
23 C
Mataram
Rabu, Desember 2, 2020
Update Covid-19 Indonesia
543,975
Total Kasus
Updated on 02/12/2020 6:16 am
Beranda Headline Abu Vulkanik Gunung Agung Mengarah ke Lombok

Abu Vulkanik Gunung Agung Mengarah ke Lombok

- Advertisement -Cloud Hosting Indonesia
- Advertisement -

HarianNusa.com, Mataram – Gunung Agung mengalami erupsi sejak Selasa kemarin. Hingga hari ini sekitar pukul 05.05 Wita, Minggu (26/11) terjadi erupsi dengan ketinggian mencapai 2.000 meter. Kemudian pukul 05.45 Wita ketinggian bertambah menjadi 3.000 meter.

Ketinggian erupsi freatik Gunung Agung pada pukul 06.20 Wita mencapai 4.000 meter dari puncak mengarah ke tenggara dengan kecepatan 18 km per jam.

Diperkirakan, abu vulkanik akan menyebar ke Lombok sesuai dengan gerakan angin. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan berdasarkan analisis sebaran abu vulkanik dari setelit Himawari BMKG, abu menuju ke Lombok.

- Advertisement -

“Analisis sebaran abu vulkanik dari setelit Himawari BMKG menunjukan bahwa sebaran abu vulkanik mengarah ke timur hingga tenggara menuju ke daerah Lombok. Sifat dari arah sebaran abu vulkanik tergantung arah angin,” ujarnya.

Hingga saat ini wilayah di Lombok yang dilanda abu vulkanik Gunung Agung meliputi wilayah Kota Mataram, Lombok Barat dan Lombok Utara. Saat ini status Gunung Agung masih siaga (level 3), dengan rekomendasi di dalam radius 6-75 km dari puncak kawah tidak ada aktivitas masyarakat.

Sementara BPBD Provinsi NTB telah menginstruksikan agar BPBD Lombok Barat, BPBD Kota Mataram dan BPBD Lombok Utara segera melaporkan dampak hujan abu di wilayahnya dan membagikan masker pada masyarakat. (sat)

- Advertisement -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -

Berita Populer Pekan Ini

Jarot Ingin Sumbawa Maju

HarianNusa.com, Sumbawa - Pesta demokrasi di Kabupaten Sumbawa akan digelar September tahun 2020i ini. Tana Samawa sudah mulai menghangat. Calon pemimpin masa depan Kabupaten...

Ini Cara Mitigasi saat Gempa Bumi

HarianNusa.com - Indonesia berada pada cincin api Pasifik, sehingga potensi gempa bumi dan bencana alam lainnya selalu ada. Menghadapi ancaman bencana alam, mitigasi bencana...

KPK Minta Aset Pemprov NTB di Gili Trawangan Ditertibkan

HarianNusa.com, Lombok Utara - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta aset-aset milik Pemerintah Provinsi NTB yang ada di Gili Trawangan mulai di tertibkan. Pasalnya, pengelolaan...

Gubernur Sambut Baik Kerjasama NTB dengan Northern Territory

HarianNusa.com, Mataram - Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah menyambut baik kerjasama yang terjalin antara Provinsi NTB dengan Northern Territory (NT), salah satu wilayah federal...
- Advertisment -Cloud Hosting Indonesia