Gubernur NTB, Dr.TGH.M.zainul Masjid diantara ribuan Jamaah Tabligh Akbar di Makasar (istimewa)

HarianNusa.com, Mataram – Usai memberikan kuliah umum di kampus UIN Alaudin Makassar, gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Majdi memberikan tausiah pada tabligh akbar yang dirangkaikan dengan peringatan Isra Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW tahun 1439 Hijriah/2018 M, di Masjid Raya Makasar, Sabtu (24/03/2018).

Kegiatan Tabligh Akbar tersebut mengambil tema menghidupkan spirit Isra Mi’raj dalam membangun peradaban umat.

Gubernur NTB yang akrab dipanggil TGB itu menjelaskan hikmah isra’ mi’raj dengan mengajak umat Islam membangun kemandirian ekonomi, sebagaiman yang dilakukan Rasulullah SAW dulu. Dalam menata dan membangun kemandirian ekonomi lanjut TGB, Rasulullah melarang umatnya untuk terjerat dalam hutang-piutang.

“Mari kita bangun Ekonomi yang kuat,” ajak TGB.

Ajakan tersebut sebagai kompensasi agar kita sebagai manusia yang hidup di atas muka bumi dan juga lembaga pemerintahan tidak menambah hutang kepada orang atau negara lain.

“Membangun kemandirian ekonomi merupakan fondasi membangun peradaban,” jelas TGB.

Tausiah TGB itupun disambut antusias ratusan masyarakat Kota Makassar. Mereka sudah memenuhi masjid saat TGB datang. Termasuk Kapolda Sulawesi Selatan, H. Umar Septono yang sebelumnya pernah menjadi Kapolda di NTB.

Pada masjid yang dikenal masjid Perjuangan itu, TGB juga menyampaikan hikmah perjalanan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Salah satunya adalah keberkahan. Keberkahan dapat dimaknakan sebagai rahmat yang dikaruniakan Allah. Termasuk rasa aman, rasa kasih sayang, tanah yang subur serta seluruh tatanan kebaikan yang disebarkan oleh kita sebagai manusia.

“Tugas kita adalah menjaga apa yang sudah diberkahi oleh Allah SWT itu,” ungkap TGB. (f3)

Komentar