fbpx
Beranda Headline Dari 34 Balon DPD RI Dapil NTB, 20 Belum Memenuhi Syarat

Dari 34 Balon DPD RI Dapil NTB, 20 Belum Memenuhi Syarat

Komisioner KPU NTB Divisi Hukum, H.Ilyas Sarbini, SH.,MH (Hariannusa.com/f3)

HarianNusa.com, Mataram – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Nusa Tenggara Barat menyatakan dari 34 bakal calon DPD RI dapil NTB, tidak semunya memenuhi syarat (MS).

Berdasarkan hasil verifikasi faktual KPU NTB,dari sejumlah 34 calon DPD RI dapil NTB, 14 diantaranya dinyatakan memenuhi syarat (MS) baik syarat minimal 2000 KTP maupun syarat sebaran di 5 kabupaten. Sementara 20 calon lainnya belum memenuhi syarat (BMS).

“Untuk 14 bakal calon yang sudah MS cukup mereka menjadikan berita acara hari ini sebagai salah satu syarat pencalonan dan tidak perlu lagi memperbaiki dukungan karena sudah memenuhi syarat,” ungkap Divisi Hukum KPU Provinsi NTB, H.Ilyas Sarnini,SH., MH usai acara Rapat Pleno Terbuka Hasil Verifikasi Faktual Perseorangan calon DPD RI NTB di Mataram, Kamis (28/6).

Kemudian sejumlah 20 bakal calon DPD RI yang belum memenuhi syarat (BMS) diberikan kesempatan sekali lagi untuk melakukan perbaikan. Perbaikan ini dengan cara dia menyerahkan dukungan sejumlah kekurangn dari 2000 e KTP atau sejumlah kekurangan pesebaran kabupaten.

“Dia serahkan itu bersamaan dengan perbaikan syarat calon yaitu tanggal 21 sampai 24 juli 2018,” sambungnya.

Selanjutnya perbaikan ini akan diverifikasi ulang sampai di lapangan. Apakah dia memenuhi syarat atau tidak. Jika masih kurang dari syarat yang kurang tadi maka dia dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS), bukan BMS lagi.

“Kalau dia sudah dinyatakan TMS dukungan sekalipun syarat administrasi calon memenuhi syarat dia akan TMS,” tandasnya.

Untuk menyatukan pemahaman dengan bakal calon DPD RI ini akan diundang dalam acara sosialisasi nantinya.
Sementara untuk bakal calon dari incumben semuanya dinyatakan lolos dan memenuhi syarat (MS).

“Dari 14 yang MS tersebut termasuk dari calon incumben,” pungkasnya. (f3)

Komentar