fbpx
23 C
Mataram
Minggu, April 21, 2019

Musrenbang RPJMD 2018-2023, Wagub Paparkan Tiga Fokus Pembagunan NTB Lima Tahun Kedepan

- Advertisement -

Harian Nusa.com – Wakil Gubernur NTB, Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalillah menyampaikanb dalam 5 tahun kedepan pemerintahan Zul-Rohmi akan fokus mewujudkn 3 hal penting sebagai implementasi visi NTB Gemilang.

Hal tersebut disampaikan Wagub dalam sambutannya saat membuka acara Musrenbang RPJMD Provinsi NTB tahun anggaran 2018-2023 di Mataram, Selasa, (11/12).

Ketiga hal tersebut, kata Wagub, yakni, Satu, menciptakan kondisi yang aman dan nyaman bagi investasi khususnya untuk industri pengolahan dan penciptaan lapangan kerja yang dilakukan dengan menghadirkan industri mesin olahan berbasi komoditi unggulan, sumber daya lokal yang produksinya mencukupi, kualitas memadai, terjamin kontinuitasnya, akses pasar yang terbuka, dan berdaya saing tinggi. Termasuk untuk memenuhi dan mengisi kebutuhan pasar lokal sehingga ketergantungan pasokan dari luar bisa di kurangi. Fasilitasi investasi yang membuka lapangan kerja mengeluarkan ketereampilan dan skil, memberikan pelatihan SDM lokal agar memiliki kapasitas memadai untuk terserap dalam pasar kerja yang masih terbuka. kemudian menciptakan iklim investasi dengan insentif berbasis regulasi lokal.
Gubernur, walikota bupati tanpa harus menunggu keringanan kewajiban kewenangan usai.

“Berikutnya memfsilitasi hambatan-hambatan realisasi investasi yang terjadi di level masyarakat, kabupaten dan kota. Kemudian memperluas investasi berbasis daya dukung ekosistem sesuai arahan pola dan struktur ruang,” paparnya.

- Advertisement -

Fokus Kedua, lanjut Rohmi, memastikan NTB aman, nyaman, dan menyenangkan bagi wisatawan dengan cara membangun destinasi wisata berbasis komoditas, memperbanyak desa wisata, memastikan kebersihan dan kerapihan destinasi wisata pariwisata NTB. Memperbanyak destinasi baru di pulau Sumbawa dengan membangun konektivitas antar destinasi untuk memperpanjang lama tinggal, menyiapkan destinasi berkarakter khusus berbasis kultur lokal. Selain itu juga melakukan sosialisasi, advokasi dan peningkatan kapasitas untuk warga sekitar destinasi dalam pengelolaan sampah, agar destinasi terlihat rapi bersih dan menyenangkan untuk dikunjungi.

“Dan membentuk kelompok-kelompok pemuda pelopor pariwisata di destinasi-destinasi utama dan bakal destinasi potensial berkembang dalan hal menjaga keamanan, kenyamanan dan kebersihan destinasi.
Membentuk lembaga pengelola sampah berkelanjutan di destinasi-destinasi utama,” lanjutnya.

Fokus Ketiga, papar Wagub, yakni membahagiakan warga NTB di tanah kelahirannya, yang akan diwujudkan melalui beberapa program.

“Dengan memperluas akses dan mutu pendidikan dan kesehatan untuk membangun manusia NTB yang sehat dan cerdas. NTB care, penanganan cepat terhadap keluhan dan persoalan langsung yang terjadi di keluarga. Meningkatan pendapatan dengan meningkatkan keterampilan,” paparnya.

Musrenbang RPJMD Provinsi NTB 2018-2023 juga dihadiri oleh Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Drs. Syarifuddin, M.M. Kepala Bappeda NTB Ridwansyah, Sejumlah Kepala OPD Lingkup Pemprov NTB, Bupati/Walikota se NTB dan undangan lainnya. (f3)

Komentar

- Advertisement -

Paling Populer

Potensi Tsunami di Asia, NTB Diperingati Waspada

Berita ini telah diklarifikasi BMKG NTB HarianNusa.com, Mataram – Berdasarkan hasil prediksi skala Asia, di penghujung...

Misteri Telapak Tangan yang Gegerkan Warga Lombok Terpecahkan

HarianNusa.com, Mataram – Misteri jejak telapak tangan di tembok rumah warga di Lombok pasca gempa...

Tak Terima Diputusin, Pria di Lotim Sebar Foto Bugil Kekasihnya

HarianNusa.com, Lombok Timur – Sungguh tak patut ditiru aksi yang dilakukan oleh seorang pria berinisial...

Berita Terbaru

Komentar