HarianNusa.com – Universitas Mataram (Unram) menggelar Olimpiade Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Bidang Matematika, Biologi, Fisika dan Kimia Tingkat Universitas Mataram Selasa, (29/01/2019) di Auditorium Abu Bakar Unram.

Sebanyak  315 orang peserta ikut dalam olimpiade ini yang terdiri dari 6 fakultas yaitu 182 orang dari Fakultas MIPA, 85 orang dari FKIP, 10 orang dari Fakultas Kedokteran, 10 orang berasal dari Fakultas Teknik, 25 peserta dari Fatepa dan Fakultas Pertanian sebanyak 3 orang.
Para peserta yang ikut dalam kompetisi ini akan diseleksi oleh 16 orang juri, masing-masing bidang akan di nilai oleh 4 orang juri.

Dari peserta yang mengikuti ajang olimpiade ini akan diambil 10 besar, untuk kemudian dilakukan pembinaan oleh dosen pembina. Nantinya akan di pilih 1 orang terbaik dari masing-masing bidang untuk mewakili Unram pada olimpiade tingkat wilayah dan nasional.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Muhammad Natsir, SH., M.Hum berharap agar nilai yang diperoleh mahasiwa di kompetisi ini merupakan hasil yang murni dari kemampuan mahasiswa itu sendiri.

“Diharapkan hasil tes nanti adalah murni dari kemampuan mahasiswa untuk nanti bisa diikutsertakan lomba tingkat wilayah dan nasional,” tegasnya saat membuka acara.

Olimpiade ini dilaksanakan untuk meningkatkan minat mahasiswa dalam bidang MIPA, serta mendorong peningkatan kemampuan akademik, kualitas, memperluas wawasan staf pengajar dan mahasiswa khususnya dalam bidang matematika, biologi, fisika, dan kimia, serta sebagai ajang promosi untuk meningkatkan daya tarik MIPA ditengah masyarakat. (sat)

Komentar