Gubernur NTB dan Deputi Menko Maritim dan Sumberdaya Kunjungi Tempat Bersejarah di Lombok Tengah

0
19

HarianNusa.Com – Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr. H. Zulkieflimasyah bersama Deputi Menko Maritim dan Sumberdaya RI mengunjungi Tanah Beak Lombok Tengah, NTB dalam rangka menyambut International Conference on Geopark di Lombok awal September ini.

"Letusan Rinjani tahun 1257 ternyata sangat dahsyat, lebih hebat dibandingkan letusan Tambora dan Krakatau.Tempat kami berdiri ini adalah sebuah kerajaan kuno tua bernama Pamatan yang tertimbun pasir akibat letusan Rinjani yang dahsyat itu," ungkap Gubernur dalam akun Facebook nya, Selasa, (6/8/19).

Gubernur menuturkan Daerah tersebut dipenuhi pasir, dan setelah para penambang menggali kira-kira lebih 15 M ketemu tanah asli kerajaan Pamatan.

Jadi pasir yang digali dan ditambang masyarakat itu adalah pasir yang menutup kampung dan kerajaan hebat itu.

"Yang seperti tembok di belakang kami adalah timbunan pasir itu. Tingginya hampir 15 Meter dan terjadi dalam 2 hari letusan," tuturnya.

"Kampung bersejarah ini meninggalkan banyak artefak bersejarah dan peninggalan2 lain yg akan menguak banyak cerita dan kisah tentang masa lalu daerah kita yang luar biasa ini," pungkasnya. (f3)

Ket. Foto:

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimasyah (empat dari kiri) saat mengunjungi Tanakh Beak, Kabupaten Lombok Tengah, NTB. (istimewa)