fbpx
23 C
Mataram
Selasa, September 29, 2020
Update Covid-19 Indonesia
282,724
Total Kasus
Updated on 29/09/2020 8:56 am
Beranda Lombok Tengah Gubernur NTB dan Deputi Menko Maritim dan Sumberdaya Kunjungi Tempat Bersejarah di...

Gubernur NTB dan Deputi Menko Maritim dan Sumberdaya Kunjungi Tempat Bersejarah di Lombok Tengah

- Advertisement -Cloud Hosting Indonesia
- Advertisement -

HarianNusa.Com – Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr. H. Zulkieflimasyah bersama Deputi Menko Maritim dan Sumberdaya RI mengunjungi Tanah Beak Lombok Tengah, NTB dalam rangka menyambut International Conference on Geopark di Lombok awal September ini.

"Letusan Rinjani tahun 1257 ternyata sangat dahsyat, lebih hebat dibandingkan letusan Tambora dan Krakatau.Tempat kami berdiri ini adalah sebuah kerajaan kuno tua bernama Pamatan yang tertimbun pasir akibat letusan Rinjani yang dahsyat itu," ungkap Gubernur dalam akun Facebook nya, Selasa, (6/8/19).

Gubernur menuturkan Daerah tersebut dipenuhi pasir, dan setelah para penambang menggali kira-kira lebih 15 M ketemu tanah asli kerajaan Pamatan.

- Advertisement -

Jadi pasir yang digali dan ditambang masyarakat itu adalah pasir yang menutup kampung dan kerajaan hebat itu.

"Yang seperti tembok di belakang kami adalah timbunan pasir itu. Tingginya hampir 15 Meter dan terjadi dalam 2 hari letusan," tuturnya.

"Kampung bersejarah ini meninggalkan banyak artefak bersejarah dan peninggalan2 lain yg akan menguak banyak cerita dan kisah tentang masa lalu daerah kita yang luar biasa ini," pungkasnya. (f3)

Ket. Foto:

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimasyah (empat dari kiri) saat mengunjungi Tanakh Beak, Kabupaten Lombok Tengah, NTB. (istimewa)

- Advertisement -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -

Berita Populer Pekan Ini

Ini Cara Mitigasi saat Gempa Bumi

HarianNusa.com - Indonesia berada pada cincin api Pasifik, sehingga potensi gempa bumi dan bencana alam lainnya selalu ada. Menghadapi ancaman bencana alam, mitigasi bencana...

Jarot Ingin Sumbawa Maju

HarianNusa.com, Sumbawa - Pesta demokrasi di Kabupaten Sumbawa akan digelar September tahun 2020i ini. Tana Samawa sudah mulai menghangat. Calon pemimpin masa depan Kabupaten...

BPKH dan DT Peduli Berikan Ambulance Gratis untuk Ponpes Darul Iman di KLU

HarianNusa.Com - Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Daarut Tauhid (DT) Peduli bekerja sama dengan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) memberikan bantuan kemanusiaan berupa satu...

Road Show di KSB, TP PKK NTB Konsisten Memberi Semangat dan Membangun Sinergi

HarianNusa.com, Sumbawa Barat - Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menjadi lokasi terakhir yang dikunjungi Ketua TP. PKK Provinsi NTB Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah dalam...
- Advertisment -Cloud Hosting Indonesia