fbpx
23 C
Mataram
Jumat, Mei 29, 2020
Update Covid-19 Indonesia
24,538
Total Kasus
Updated on 28/05/2020 9:19 pm
Beranda NTB Sampala Ajak Pelajar dan Masyarakat Manfaatkan Limbah Sampah

Sampala Ajak Pelajar dan Masyarakat Manfaatkan Limbah Sampah

HarianNusa.Com, Mataram – Ratusan siswa SMAN 2 Mataram, Kamis (7/11) kemarin memadati koridor kelas. Bersama para guru, mereka antusias memotong-motong limbah/sampah plastik bekas minuman kemasan.

Kegiatan ini digagas Kelompok Pecinta Alam SMAN 2 Mataram, yakni SAMPALA dalam rangka persiapan pembuatan ecobrik. Ecobrik merupakan salah satu metode pengolahan limbah sampah plastik menjadi barang serba guna.

“Hari ini (Kamis, red) kita bersama seluruh siswa, juga guru ikut membantu menyiapkan bahan pembuatan ecobrik. Nanti ecobriknya kita buat bersama saat puncak peringatan ulang tahun SAMPALA ke-32 di SMAN 2 Mataram,” terang Syafril, Ketua SAMPALA.

Syafril menjelaskan, pada puncak HUT SAMPALA yang akan mengusung tema “SAMPALA Satukan Hijauku” pada Selasa (12/11) besok, para siswa dan masyarakat yang hadir akan diedukasi cara pembuatan ecobrik.

Tujuannya agar siswa-siswi dan masyarakat mengetahui cara memilah sampah yang benar. Selain itu juga untuk membiasakan siswa-siswi menjaga lingkungan dan bisa mengolahnya menjadi barang berguna. Sesuai dengan program zero waste yang saat ini sedang gencar digalakkan pemerintah.

“Kita targetkan 1.000 ecobrik. Ecobricknya nanti akan diperkenalkan ke masyarakat, terutama sekolah dan mempublikasikannya ke media agar masyarakat bisa mencontohnya. Ecobrick ini bisa dibuat untuk menjadi meja, kursi, tembok rumah dan lain-lain,” jelas Syafril.

Sebagai bentuk apresiasi, para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan itu, Novia Fatimatul salah seorang siswa mengaku sangat mendukung kegiatan yang diinisiasi SAMPALA ini.

“Sangat bagus, karena secara langsung kita ikut serta mendaur ulang sampah , contohnya bisa dimanfaatkan untuk pembuatan ecobrick. Saya sangat bangga dengan adanya kegiatan seperti ini, karena dengan adanya kegiatan seperti ini kita lebih bijak dalam menjaga lingkungan sekitar dan kegiatan seperti bisa menjadi contoh untuk semua orang,” ungkap siswi kelas XII MIPA 4 ini.

Selain workshop pembuatan ecobrik, dalam “SAMPALA Satukan Hijauku” nanti juga akan diramaikan dengan Bazar, atraksi Gendang Beleq, dan penampilan dari musisi lokal. (f3)

Berita Populer Pekan Ini

Pola Pre-Emtif Polri dalam Penanggulangan Radikalisme

H. Lalu Anggawa Nuraksi(Pemerhati Budaya Sasak) Radikalisme dalam Bahasa Indonesia berarti faham yang keras, faham yang tidak mau mengakomodir pendapat orang lain, merasa fahamnya-lah yang...

Maksimalkan Penanganan Covid-19 di NTB, Gubernur akan Tutup Bandara Selama Satu Bulan

HarianNusa.com, Mataram - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Dr. H. Zulkieflimansyah menggelar rapat terbatas membahas kebijakan yang akan diambil terkait kelanjutan penanganan Virus Corona...

Update 25 Mei: 258 Pasien Sembuh dari Corona di NTB, 222 Orang Positif Dalam Perawatan

HarianNusa.com, Mataram - Hari ini Senin, 25 Mei 2020, telah diperiksa di Laboratorium RSUD Provinsi NTB sebanyak 40 sampel dengan hasil 28 sampel negatif,...

Tempat Wisata Ditutup, Polisi Siagakan Anggota Saat Lebaran Ketupat

HarianNusa.com, Mataram - Polresta Mataram semakin meningkatkan pengawasan terhadap kegiatan warga yang ingin datang ke tempat wisata saat Lebaran Ketupat hari Minggu mendatang. Mengingat...