fbpx

Sampala Ajak Pelajar dan Masyarakat Manfaatkan Limbah Sampah

HarianNusa.Com, Mataram – Ratusan siswa SMAN 2 Mataram, Kamis (7/11) kemarin memadati koridor kelas. Bersama para guru, mereka antusias memotong-motong limbah/sampah plastik bekas minuman kemasan.

Kegiatan ini digagas Kelompok Pecinta Alam SMAN 2 Mataram, yakni SAMPALA dalam rangka persiapan pembuatan ecobrik. Ecobrik merupakan salah satu metode pengolahan limbah sampah plastik menjadi barang serba guna.

“Hari ini (Kamis, red) kita bersama seluruh siswa, juga guru ikut membantu menyiapkan bahan pembuatan ecobrik. Nanti ecobriknya kita buat bersama saat puncak peringatan ulang tahun SAMPALA ke-32 di SMAN 2 Mataram,” terang Syafril, Ketua SAMPALA.

Syafril menjelaskan, pada puncak HUT SAMPALA yang akan mengusung tema “SAMPALA Satukan Hijauku” pada Selasa (12/11) besok, para siswa dan masyarakat yang hadir akan diedukasi cara pembuatan ecobrik.

Tujuannya agar siswa-siswi dan masyarakat mengetahui cara memilah sampah yang benar. Selain itu juga untuk membiasakan siswa-siswi menjaga lingkungan dan bisa mengolahnya menjadi barang berguna. Sesuai dengan program zero waste yang saat ini sedang gencar digalakkan pemerintah.

“Kita targetkan 1.000 ecobrik. Ecobricknya nanti akan diperkenalkan ke masyarakat, terutama sekolah dan mempublikasikannya ke media agar masyarakat bisa mencontohnya. Ecobrick ini bisa dibuat untuk menjadi meja, kursi, tembok rumah dan lain-lain,” jelas Syafril.

Sebagai bentuk apresiasi, para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan itu, Novia Fatimatul salah seorang siswa mengaku sangat mendukung kegiatan yang diinisiasi SAMPALA ini.

“Sangat bagus, karena secara langsung kita ikut serta mendaur ulang sampah , contohnya bisa dimanfaatkan untuk pembuatan ecobrick. Saya sangat bangga dengan adanya kegiatan seperti ini, karena dengan adanya kegiatan seperti ini kita lebih bijak dalam menjaga lingkungan sekitar dan kegiatan seperti bisa menjadi contoh untuk semua orang,” ungkap siswi kelas XII MIPA 4 ini.

Selain workshop pembuatan ecobrik, dalam “SAMPALA Satukan Hijauku” nanti juga akan diramaikan dengan Bazar, atraksi Gendang Beleq, dan penampilan dari musisi lokal. (f3)

Komentar

Berita Terbaru

Gubernur NTB Terima DIPA dan TKDD dari Presiden

HarianNusa.Com, Jakarta - Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer ke...

Hadiri Rakornas Kepala Daerah, Gubernur NTB Terus Bangun Sinergi dengan Pemerintah Pusat

HarianNusa.Com, Bogor - Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr. H. Zulkieflimansyah menghadiri pelaksanaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan...

Kolaborasi dengan ACT, IKEA Bangun Pusat Bermain Anak di Lombok Utara

HarianNusa.com, Lombok Utara - IKEA Indonesia hari ini (14/11) meresmikan fasilitas Pusat Bermain Anak dan Pendidikan Anak...

Kembangkan Desa Wisata, Pemprov NTB Study ke Jateng

HarianNusa.Com, Jawa Tengah - Dalam rangka menyukseskan program pembentukan 99 Desa Wisata sebagai salah satu bidang program kerja untuk...
- Advertisement -

Rencana Pembentukan KLS, Bupati Lotim Bersurat ke DPRD NTB

HarianNusa.Com - Bupati Lombok Timur, H. M. Sukiman Azmy bersurat ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Nusa Tenggara...

Terjaring OTT, Ahkam: Ispan Dikenal Sosok Berprestasi di Lombok Barat

HarianNusa.Com, Lombok Bharat - Terjaringnya Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Lombok Barat, Ispan Junaidi dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) Kejaksaan...

Baca Juga

Gubernur NTB Terima DIPA dan TKDD dari Presiden

HarianNusa.Com, Jakarta - Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah menerima...

Hadiri Rakornas Kepala Daerah, Gubernur NTB Terus Bangun Sinergi dengan Pemerintah Pusat

HarianNusa.Com, Bogor - Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr. H....
- Advertisement -

Baca Jugainfo terkait
comment and share

Komentar