Selasa, Juni 18, 2024
spot_imgspot_img
BerandaEkonomiIngin Menggunakan B2B Marketplace Indonesia? Berikut Tips Sebelum Berbelanja

Ingin Menggunakan B2B Marketplace Indonesia? Berikut Tips Sebelum Berbelanja

- Advertisement - Universitas Warmadewa

B2B marketplace Indonesia menjadi salah satu incaran para perusahaan besar atau yang sedang mencari supplier barang. Apabila Anda masih awam mengenai dunia B2B dan menggunakan jasa marketplace untuk mencari pemasok, simak tips berikut.

  1. Buat List Belanja

Sebelum memulai sebuah bisnis, membuat rancangan bisnis yang detail sangat diperlukan. Ini akan mempermudah dalam hal penentuan modal dan bagaimana keuntungan yang didapat nantinya.

Jika usaha atau bisnis Anda memerlukan barang atau jasa tertentu dalam jumlah yang masif, ada baiknya membuat list apa saja dan jumlah yang dibutuhkan. Modal yang dikeluarkan bisa dikira-kira sesuai dengan harga barang grosir yang umum di pasaran.

Anda juga bisa lebih mudah untuk melihat berapa pengeluaran awal dan bagaimana menyikapinya di kemudian hari. Sehingga modal bisa terpakai dengan lebih efisien.

  1. Cari Toko Yang Terpercaya

Tips selanjutnya adalah cari toko atau pemasok yang memang sudah terpercaya. Akan lebih disarankan apabila menggunakan jasa dari marketplace e-commerce B2B yang sudah besar.

Ini akan meminimalisir terjadinya scam atau penipuan yang bisa menjadi sebab bisnis jadi merugi. Lakukan cross check beberapa kali terhadap toko apakah pernah melakukan kecurangan atau tidak kepada kliennya.

  1. Bandingkan Harga Barang Serupa

Terkadang untuk barang yang sama, pada pemasok yang berbeda akan terdapat sedikit perbedaan. Perusahaan harus jeli dalam membandingkan harga pada setiap pemasok supaya mendapatkan harga barang paling murah.

  1. Cek Stok di Toko

Yang tidak kalah penting selanjutnya adalah mengecek ketersediaan barang di pemasok. Jangan sampai ketika sudah waktunya barang sampai, pemasok malah mengabarkan kalau stok barang kurang.

Tanyakan juga kepada pemasok apakah sistem yang digunakan adalah sistem ready stock atau pre order. Ini akan membuat Anda sebagai klien jadi lebih tenang jika sudah tahu sistem yang digunakan pemasok.

  1. Cek Review Produk

Jika menggunakan jasa dari B2B marketplace Indonesia, ada baiknya melihat testimoni dari klien yang sebelumnya dari pemasok tersebut. Bagaimana kondisi barang, apakah jumlah barang sesuai, dan pengemasan yang digunakan harus jelas dan sesuai dengan standar perusahaan.

  1. Perhatikan Deskripsi Produk

Sebelum benar-benar memesan, perusahaan harus memerhatikan deskripsi yang sudah diberikan oleh pemasok B2B marketplace Indonesia pada kolom barang. Ini akan meminimalisir adanya kesalahpahaman antara pemasok dan perusahaan pembeli barang.

Perusahaan yang menjadi klien juga akan mengetahui jika ternyata barang yang ditampilkan tidak sesuai dengan kebutuhan. Sehingga perusahaan tidak akan membuang modal dengan sia-sia.

  1. Gunakan Ekspedisi Terbaik

Ekspedisi yang ada di Indonesia terdapat banyak sekali mereknya dan menawarkan layanan yang berbeda-beda. Perusahaan sebagai klien bisa memilih mana ekspedisi yang paling aman dan bisa menjangkau daerah-daerah tertentu.

Apabila pembelian barang dari perusahaan dalam jumlah yang besar, akan disarankan untuk menggunakan kargo supaya lebih mudah. Jika pengiriman dilakukan di luar kota besar dan perlu untuk menyeberang pulau, ekspedisi yang bisa melalui jalur udara dan laut bisa jadi pilihan.

  1. Simpan Bukti Pembayaran

Hal ini menjadi salah satu poin paling krusial karena dapat menjadi record atau track. Menyimpan bukti pembayaran akan memudahkan perusahaan untuk melihat berapa pengeluaran dan meyakinkan pemasok yang bisa jadi lupa. Setelah mengetahui beberapa tips yang bisa digunakan ketika menggunakan jasa marketplace B2B, Anda tidak perlu khawatir lagi. Selalu pilih jasa B2B marketplace Indonesia yang kredibel untuk menghindari kerugian dan barang yang tidak berkualitas.

RELATED ARTICLES
spot_img
Selasa, Juni 18, 2024
- Advertisment -spot_img

Populer Pekan ini

Selasa, Juni 18, 2024
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -
- Advertisment -

Banyak Dibaca

- Advertisment -