fbpx
23 C
Mataram
Sabtu, November 27, 2021
Update Covid-19 Indonesia
4,255,672
Total Kasus
Updated on 27/11/2021 2:06 pm
BerandaOpiniPemimpin NTB Pasca TGB

Pemimpin NTB Pasca TGB

Oleh: Muhammad Isnaini (Mahasiswa Fakultas Hukum UNRAM)

- Advertisement -

KUALITAS PEMIMPIN NTB PASCA TGB

- Advertisement -

Bagi penulis, pemimpin NTB pasca TGB harus memiliki kualitas individual terhadap pemahaman ke-NTB-an. Kualitas individual tersebut dapat diukur dari komitmen yang bersangkutan dalam membangun daerah dan mensejahterakan kehidupan masyarakat.

Bicara ke-NTB-an maka kita akan bicara tentang kondisi sosial, ekonomi dan geografis yang nantinya akan bermuara pada soal keamanan, pariwisata, pertanian, perikanan dan peternakan. Sebab lima dimensi tersebut merupakan urat nadi kehidupan masyarakat NTB, tentu tanpa mengesampingkan dimensi lainnya. Soal keamanan misalnya, ini menjadi hal prinsipil bagi masyarakat NTB jika kita tarik NTB sebagai daerah tujuan pariwisata, khususnya Pulau Lombok yang telah mendunia. Jika jaminan keamanan tidak mampu digeransi oleh pemerintah dengan keterlibatan masyarakat, maka NTB sebagai daerah pariwisata akan hancur, dan rahmat Tuhan atas keindahan alam NTB akan menjadi sangat sia-sia.

Dalam menjamin keamanan tersebut, tentu tidak saja dengan memberikan kesadaran pada masyarakat tanpa disediakan solusi apa yang mesti dilakukan di tengah kondisi masyarakat NTB yang katakanlah tingkat kemiskinannya masih sangat tinggi.   Dalam urusan keamanan di NTB, penulis pernah berkesempatan berbicara langsung dengan Mantan Danrem 162 WB, di mana pada saat beliau menjadi Danrem kondisi keamanan NTB relatif membaik. Menurut penuturan beliau, bahwa dalam menciptakan keamaan tidak harus dengan cara mengerahkan seluruh aparat penegak hukum di setiap sudut NTB. Tapi harus dengan cara bagaimana kita sebagai pemegang mandat dan amanat dari masyarakat harus hadir berbicara langsung dengan masyarakat untuk memahami keluh kesah mereka.

- Advertisement -

Sesungguhnya suatu daerah…

- Advertisement -
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -

Berita Populer Pekan Ini

- Advertisment -