Sabtu, Juli 27, 2024
spot_imgspot_img
BerandaOpiniPemimpin NTB Pasca TGB

Pemimpin NTB Pasca TGB

Oleh: Muhammad Isnaini (Mahasiswa Fakultas Hukum UNRAM)

- Advertisement - Universitas Warmadewa

Sesungguhnya suatu daerah menjadi tidak aman atau terjadinya konflik dan tindak kriminalitas, tidak lain disebabkan oleh kondisi ekonomi akibat tidak adanya lapangan pekerjaan, sehingga tidak ada cara lain untuk mengisi hari-hari mereka. Ketika lapangan pekerjaan tersedia maka demi perut orang tidak lagi menjadi maling, mencuri, merampok bahkan membunuh. Atas dasar itu, ada beberapa daerah yang coba saya sediakan dan buka lapangan pekerjaan untuk masyarakat setempat, tutur beliau.

Dari apa yang diceritakan beliau, kondisi demikian pernah pula terjadi di desa penulis 15 tahun silam. Lambat laun pola pikir masyarakat berubah, masyarakat setempat tidak lagi memiliki waktu untuk dibuang-buang, sebab mereka hanya memiliki waktu untuk menggarap sawah, sampai-sampai mereka membuka sendiri lahan sawah di daerah orang, dan tingkat kesejahteraanpun meningkat.

Apa yang diuraikan oleh mantan Danrem 162 WB dan realitas yang terjadi di kampung penulis pada masa silam misalnya, seirama dan senada pula dengan teori kriminologi di mana sebagian kelompok sarjana mencoba mencari sebab kejahatan yang dipengaruhi oleh kondisi sosial budaya. Mereka menemukan bahwa salah satu penyebab kejahatan terjadi disebabkan oleh kondisi ekonomi.

Kemudian, dalam konteks…

RELATED ARTICLES
spot_img
Sabtu, Juli 27, 2024
- Advertisment -spot_img

Populer Pekan ini

Sabtu, Juli 27, 2024
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -
- Advertisment -

Banyak Dibaca

Berita Terbaru

- Advertisment -