fbpx
23 C
Mataram
Jumat, Oktober 30, 2020
Update Covid-19 Indonesia
406,945
Total Kasus
Updated on 30/10/2020 9:32 am
Beranda Bima TGB Tegur Pengurus Ponpes di Bima Yang Tidak Mengibarkan Bendera Merah Putih

TGB Tegur Pengurus Ponpes di Bima Yang Tidak Mengibarkan Bendera Merah Putih

- Advertisement -Cloud Hosting Indonesia

HarianNusa.com, Bima – Gubernur NTB Dr. TGH. M Zainul Majdi, MA atau yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) menegur pengurus Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Madinah Desa Bolo, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima yang tidak mengibarkan bendera merah putih. Selasa, (11/7).

- Advertisement -

Menurut TGB, mengibarkan bendera merah putih merupakan simbol untuk menghargai perjuangan para pahlawan, termasuk di dalamnya adalah ulama. Dan mengibarkan bendera merah putih sembari menghormatinya sama sekali tidak bertentangan dengan syariat Islam.

“Mereka dulu berjuang bersama sama, membentuk laskar laskar untuk mengusir penjajah. Inilah simbol istiklal merdekanya kita, yakni kembali ke fitrah, kembali kepada kebaikan dan kembali kepada kebenaran,” tegasnya.

Hal itu terjadi ketika TGB dalam kunjungannya ke madrasah tersebut, hendak memeriksa ruang kelas dan asrama, TGB begitu terkejut melihat tiang bendera yang ada di halaman sekolah tanpa tali dan bendera. Hal yang menandakan kalau madrasah tersebut tidak pernah mengibarkan bendera merah putih layaknya lembaga pendidikan pada umumnya. Menyaksikan hal itu, TGB lantas meminta bendera kepada pengurus Madrasah dan memerintahkan pengibaran bendera secara bersama-sama.

- Advertisement -

Setelah meminta pengurus Ponpes mengambil bendera, TGB kembali menegaskan bahwa mengibarkan dan menghormati bendera bukan berarti tindakan pengkultusan, melainkan salah satu cara mengenang, menghargai dan menghormati usaha pejuang dalam merebut kemerdekaan.

“Ini simbol dari perjuangan para ulama pendahulu kita. Tidak ada sama sekali maksud untuk disembah, tauhid kita tetap kuat,” tegasnya. (sta)

- Advertisement -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -

Berita Populer Pekan Ini

Jarot Ingin Sumbawa Maju

HarianNusa.com, Sumbawa - Pesta demokrasi di Kabupaten Sumbawa akan digelar September tahun 2020i ini. Tana Samawa sudah mulai menghangat. Calon pemimpin masa depan Kabupaten...

Kunjungi Sumbawa, Wagub Semangati Para Nakes

HarianNusa.com, Sumbawa - Rumah Sakit menjadi salah satu garda terpenting dalam penanganan Covid-19. Tidak sedikit tenaga kesehatan yang menjadi korban wabah ini. Oleh karena...

Ini Cara Mitigasi saat Gempa Bumi

HarianNusa.com - Indonesia berada pada cincin api Pasifik, sehingga potensi gempa bumi dan bencana alam lainnya selalu ada. Menghadapi ancaman bencana alam, mitigasi bencana...

Telah Diresmikan, Kini Warga Poan Bisa Beribadah di Masjid Ibadurrahman

HarianNusa.com, Lombok Barat - Masjid Hidayatullah yang dibangun pada tahun 1993 yang berlokasi di Dusun Poan Selatan, Desa Guntur Macan Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Lombok...
- Advertisment -Cloud Hosting Indonesia