Ingin Memasyarakatkan Seni, Dikbud NTB Siapkan Program Seniman Masuk Sekolah

57
Kasi Kesenian Dikbud NTB Lalu Suryadi Mulawarman

HarianNusa.com, Mataram – Pemerintah Provinsi NTB, melalui Dikbud NTB akan menyelenggarakan program seniman mengajar untuk lebih memasyarakatkan kesenian di tengah-tengah masyarakat. Seniman-seniman yang ada di NTB akan diutus untuk berbagi pengalaman di bidang seni, khususnya kepada para pelajar di sekolah-sekolah terpencil. Rabu, (26/7).

“Kita pingin memberikan ruang kepada Seniman untuk turun memberikan sumbangsih ke sekolah-sekolah,” ujar Kasi Kesenian Dikbud NTB Lalu Suryadi Mulawarman saat ditemui HarianNusa.com di ruang kerjanya.

Menurut Suryadi, Kesenian merupakan salah satu bagian penting dalam membangun kekuatan mental masyarakat, oleh karenanya, penting untuk memasyarakatkan seni ke tengah-tengah mereka. Salah satu caranya, lanjut Surya dengan mengerahkan Seniman untuk turun langsung ke sekolah-sekolah yang masih tergolong jauh dari akses kesenian.

“Memberi kesadaran pada masyarakat bahwa dunia seni tidak sesempit yang dipahami,” katanya.

Lebih jauh, Suryadi menyampaikan bahwa sekolah-sekolah terpencil dipilih sebagai wujud kepedulian Dikbud untuk memberikan akses yang merata bagi pelajar yang bersekolah di tempat terpencil dengan sekolah-sekolah yang secara teritorial, dekat dengan akses kesenian.

“Kita coba memberdayakan sekolah-sekolah di pinggiran yang jauh dari akses kesenian,” katanya.

Terkait dengan jadwal pelaksanaan? Ia menyampaikan bahwa kegiatan akan dimulai pada bulan Agustus mendatang, dengan melibatkan puluhan Seniman yang akan disebar di semua Kabupaten/Kota yang ada di NTB. “Kita akan mulai awal Agustus,” ujarnya.

Sementara untuk jenis kesenian yang akan diajarkan adalah Seni  rupa, teater, tari dan musik. (sta)