Sekda NTB: Pariwisata Sulit Maju Tanpa Ditunjang SDM Kreatif dan Inovatif

45
Sekda NTB Rosiyadi H Sayuti

HarianNusa.com, Lombok Tengah – Sekretaris Daerah (Sekda) NTB Rosiadi H. Sayuti menyampaikan bahwa sektor pariwisata di NTB akan sulit berkembang dan maju tanpa didukung oleh kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kreatif dan inovatif dalam menangkap peluang dan potensi pariwisata yang ada di NTB. Kamis, (24/8).

“Pariwisata sulit maju bila tidak didukung SDM yang kreatif dan inovatif,” katanya.

Hal itu disampaikan Rosiyadi saat memberi kuliah perdana di hadapan mahasiswa Poltekpar Negeri Lombok.

Lebih lanjut, Rosiyadi menyampaikan kalau saat ini, Pemprov NTB tengah menjadikan pariwisata sebagai sektor prioritas daerah. Terkait alasan menjadikan pariwisata sebagai sektor prioritas? Rosiyadi menyatakan kalau hal itu dipilih karena pariwisata NTB ditunjang oleh Sumber Daya Alam (SDA) yang luar biasa, di antaranya KEK Mandalika, kawasan Samota di pulau Sumbawa, puluhan Gili di Pulau Lombok dan Sumbawa, Senggigi, Geopark Rinjani, juga keragaman seni budaya yang dimiliki masyarakatnya.

Akan tetapi, lanjut Rosiyadi, hal itu akan menjadi sia-sia dan tak memberikan dampak positif bagi kemajuan daerah ketika SDM yang mengelolanya tidak memiliki kemampuan memadai, terutama dalam hal kreativitas dan kesadaran berinovasi.

Oleh karenanya, ia, selaku Sekda NTB mengimbau kepada semua mahasiswa yang hadir saat itu untuk menjadi pionir dalam memanfaatkan kreativitas yang dimiliki untuk kemajuan Pariwisata NTB di kancah dunia.

“Jadilah pionir bagi kemajuan pariwisata NTB, agar mampu bersaing di kancah wisata dunia,” harapnya. (sta)