Pilgub NTB Semakin Dekat, Polda NTB Gelar Pasukan

42
Apel gelar pasukan persialan Pilkada di Mapolda NTB. (satria/hariannusa.com)

HarianNusa.com, Mataram – Polda NTB melakukan apel gelar pasukan guna memastikan persiapan pengamanan Pilgub NTB 2018. Apel digelar di Lapangan Gajah Mada Polda NTB, Senin (11/9) pagi tadi.

Menjelang Pilkada nanti, polisi telah menyiapkan sandi khusus pengamanan Pilkada dengan nama sandi “Ngeremrasa Gatarin 2017.” Di mana sandi tersebut memiliki singkatan Ngemong (mengayomi), Rembuq (musyawarah), Rawi (kerja) dan Sabalong (terbaik).

Polda NTB mempersiapkan seluruh sarana dan prasarana menyongsong pesta demokrasi di NTB yang akan digelar Juli 2018 mendatang. Polda NTB akan melakukan tindakan proaktif dan antisipatif dengan melibatkan seluruh jajaran. Selain itu Polda NTB akan melakukan sosialisasi undang-undang pilkada maupun peraturan yang dibuat KPU dan Bawaslu.

“Kita mengantisipasi persoalan-persoalan yang terkait Pemilukada sendiri, contohnya pengerahan massa, ketidakpuasan pasangan calon, persoalan berkaitan dengan aturan dari KPU dan Bawaslu, itu jadi atensi di sana makanya kita melaksanakan antisipasinya,” ujar Wakapolda NTB, Kombes Pol Drs Imam Margono.

Apel tersebut merupakan cipta kondisi sebelum dimulainya pesta demokrasi. Diharapkan sejak dini situasi menjelang pilkada dapat kondusif. Jumlah personel yang melakukan kegiatan proaktif tersebut sebanyak 351 personel. Hal tersebut nantinya akan bertambah puluhan kali lipat saat pemilu.

“Jumlahnya 351, kita bagi untuk melakukan sosialisasi pada masyarakat tentang pemilu, memberikan patroli kondusifitas, sifatnya persuasif. Tapi apabila ditemukan hal-hal berkait dengan pidana akan ditindak,” pungkasnya. (sat)