Gempa 5,2 Skala Richter Guncang Sumbawa dan Bima

137
Statistik pusat gempa bumi. (dok. BMKG NTB)

HarianNusa.com, Mataram – Gempa bumi berkekuatan 5,2 skala richter mengguncang Sumbawa dan Bima, Kamis (21/9). Gempa terjadi sekitar pukul 00,25 Wita. Pusat gempa terletak pada kordinat 10,40 ⁰ Lintas Selatan – 118,86 ⁰ Bujur Timur tepatnya pada 100 km Barat Daya Sumba Barat Daya, NTT, pada kedalaman 65 km.    

Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Agus Riyanto SP., MM mengatakan guncangan gempa tersebut juga terjadi di Sumba. Wilayah Waikabubak, Sumba Barat dalam skala intensitas II SIG atau III MMI. Guncangan juga dirasakan di Waingapu dalam skala intensitas I-II SIG atau II-III MMI.

Selain itu, di Bima dan Sumbawa Besar guncangan dirasakan dalam skala intensitas I SIG atau I-II MMI. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

“Ditinjau dari kedalamannya, gempa bumi ini merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi, hasil interaksi Lempeng Indo-Australia dan Lempeng Eurasia,” ujarnya.

Tidak terjadi aktivitas gempa bumi susulan. Sementara BMKG mengimbau agar warga yang ada di pesisir pantai wilayah terjadi gempa untuk tidak panik karena gempa tidak berpotensi tsunami.

“Kepada warga di wilayah pesisir Pulau Sumba dan Sumbawa diiimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” imbaunya. (sat)

iklan[/caption]</div>        </div>


        <footer>
                        
            <div class=