fbpx
23 C
Mataram
Kamis, Juli 16, 2020
Update Covid-19 Indonesia
80,094
Total Kasus
Updated on 15/07/2020 6:38 pm
Beranda Headline Potensi Tsunami di Asia, NTB Diperingati Waspada

Potensi Tsunami di Asia, NTB Diperingati Waspada

- Advertisement -Cloud Hosting Indonesia
- Advertisement -

Berita ini telah diklarifikasi BMKG NTB

HarianNusa.com, Mataram – Berdasarkan hasil prediksi skala Asia, di penghujung tahun 2017 akan berpotensi gempa bumi berkekuatan besar dan dapat berpotensi disertai tsunami. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB, mengimbau masyarakat NTB agar mewaspada hal tersebut.

Meskipun prediksi dalam skala Asia, namun tidak menutup kemungkinan NTB dapat terkena dampak jika prediksi tersebut nyata.

- Advertisement -

“Akan ada gempa menurut informasi dari pihak Geofisika dengan skala yang cukup kuat dan berpotensi tsunami. Tapi mudah-mudahan tidak terjadi di daerah kita, karena kajian ini berskala Asia,” ujar Kepala Pelaksana BPBD provinsi NTB, H. Mohammad Rum, Rabu (27/12).

Rum menuturkan, berdasarkan data historis kegempaan di wilayah NTB, tempat-tempat yang berpotensi tsunami di wilayah NTB yakni di Tanjung Lombok Utara dan Kuta Lombok Tengah. Untuk itu, jika nantinya ada gempa bumi yang berpotensi tsunami agar masyarakat dapat menjauhi tempat tersebut.

“Kita juga harus memastikan, ketika ada gempa kemudian air laut surut maka kita harus mewaspadainya. Air surut tersebut dikarenakan adanya lempengan yang patah di dasar dan dapat menimbulkan tsunami,” paparnya.

Ia mengimbau masyarakat NTB khususnya yang berada di pesisir pantai, agar selalu memperhatikan perilaku air laut setelah terjadinya gempa bumi. Jika air laut tiba-tiba surut secara mendadak, maka masyarakat wajib lari meninggalkan lokasi pantai ke tempat-tempat paling tinggi dan paling jauh.

BPBD juga telah memasang alat deteksi tsunami, sehingga jika terjadi gempa bumi dapat dilihat berpotensi tsunami atau tidak.

“Kita sudah pasang alat pendeteksi tsunami, sehingga jika terjadi gempa bumi dapat di lihat apakah berpotensi atau tidak terhadap tsunami,” jelasnya.

Selain tsunami, NTB juga berpotensi bencana banjir, longsor dan gunung meletus.

“Status NTB saat ini waspada LGBT yakni longsor, gunung meletus, banjir, dan tsunami,” ucapnya. (sat)

Baca juga:
Tercatat, NTB Telah Tujuh Kali Diterjang Tsunami
Mengenang 40 Tahun Bencana Tsunami di Lombok dan Sumbawa
BMKG: Soal Potensi Tsunami di NTB Tidak Benar

- Advertisement -
- Advertisment -

Berita Populer Pekan Ini

Universitas Warmadewa Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2020/2021, 4 Program Studi Baru Siap Cetak Tenaga Kerja Profesional

HarianNusa.Com, Denpasar - Sebagai salah satu perguruan tinggi swasta terbesar di Bali dan Indonesia timur, Universitas Warmadewa (Unwar) di tahun 2020 kembali membuka pendaftaran...

Tahun 2020, TNI AD Rekrut 17.264 Prajurit, Yuk Daftar!!

HarianNusa.Com, Jakarta - Tahun 2020 TNI AD menambah alokasi rekrutmen (penerimaan) prajurit menjadi 17.264 orang. Selain itu prosedurnya juga relatif lebih mudah dan materi...

Pemerintah Provinsi Siapkan Jaring Pengaman Sosial (JPS) Sembako Gemilang.

Mataram - Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah dan dan Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd, melakukan telekonferensi dengan Kapolda NTB, Danrem...

Peduli Dampak Ekonomi Pandemi Covid-19, Universitas Mataram Berikan Keringanan UKT

HarianNusa.com, Mataram - Sebagai wujud rasa empati dan kepedulian terhadap dampak ekonomi Pandemi Covid 19, Univeritas Mataram atau Unram memberikan keringanan biaya bagi mahasiswanya....
- Advertisment -Cloud Hosting Indonesia