Ilustrasi

HarianNusa.com, Mataram – Pusat study dan anak Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram ingatkan dampak negatif penggunaan gadget atai smart phone bagi anak. Analisa penggunaan gadget pada usia anak dapat mengakibatkan ketergantungan, cuek dan kecerdasan anak jadi berkurang.

Peran orang tua di perlukan untuk memberikan pengawasan terhadap penggunaan gadget bagi anak.

Peringatan akan dampak negatif dari penggunaan gadget atau smart phone bagi anak dikeluarkan Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) Universitas Islam Negeri Mataram.

Menurut ketua PSGA UIN Mataram, Tuti Harwati menjelaskan bahwa penggunaan gadget pada usia anak tingkat PAUD dan TK memiliki dampak negatif.

Dari analisa anak-anak pada usia tersebut, penggunaan gadget dapat mengakibatkan ketergantungan dan kecerdasan anak jadi berkurang, cuek alias kurang respon pada lingkungan sekitar dannkecerdasan anak pun jadi berkurang.

iklan

Mengharapkan peran ibu sebagai orang tua yang memiliki waktu lebih banyak bersama anak, untuk memberikan pendampingan saat anak mereka bermain gadget atau menggunakan smart phone untuk beemain game.

PSGA UIN Mataram menggandeng psikolog dari Universitas Mataram untuk mengedukasi para ibu akan bahaya atau dampak negatif yang di timbulkan dari penggunaan gadget oleh anak.

Di ahir acara ia berharap agar orang tua untuk lebih arif dalam memberikan media permainan bagi anak sehingga penggunaan gadget dapat di batasi bagi anak usia tertentu. (sat)

Komentar
iklan