fbpx

Wagub NTB Dorong Tambora Jadi Destinasi Wisata Kelas Dunia

- Advertisement -

HarianNusa, Dompu – Wakil Gubernur NTB Dr. Ir Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M. Pd., mendorong kawasan Tambora menjadi destinasi wisata kelas dunia. Karena semua potensi sudah dimiliki, seperti laut, pantai yang indah, hutan, savana yang luas dan beragam potensi alam dan budaya lainnya.

Hal tersebut disampaikan Wagub didepan Bupati Dompu Kader Jaelani, Direktur Pemanfaatan Jasa Kawasan Konservasi Dirjen Kementerian Sumber Daya Alam dan Ekonomi Kementerian LHK Dr. Nanang Prihadi, Direktur Even Daerah Direktur Produk Wisata Kemenpar ekraf RI Reza Pahlevi, saat menghadiri acara puncak rangkaian Festival Tambora, Minggu (5/6/2022) di Santuari Rusa, Doro Ncanga Kabupaten Dompu.

“Tambora ini memang dahsyat dan luar biasa indah. Saat kita jalan lihat sisi kanan kiri rasanya seperti di Eropa,” kata Ummi Rohmi, sapaan Wagub NTB.

Menurutnya, yang membedakan, di Eropa padang savana dihuni oleh domba, sedangkan di Tambora ada sapi dan kuda. “Tapi Tambora lebih indah, karena dikelilingi oleh laut,” pujinya.

Diingatkan bahwa Gunung Tambora, sudah 207 tahun yang lalu pernah meletus sangat dahsyat dan mengguncangkan dunia.

Namun, saat ini gunung Tambora menyimpan sejuta pesona, kekayaan alam dan beragam potensi yang ada dari puncak hingga di dasar laut.

Maka, semua elemen masyarakat dan steakholder yang ada di NTB harus bekerjasama dan bersinergi mewujudkan tagline Tambora menjadi destinasi wisata kelas dunia.

Untuk menuju wisata kelas dunia, sudah banyak hal yang telah dilakukan dan akan dilakukan berkolaborasi semua pihak, baik antara pemerintah daerah maupun kementerian.

Tidak hanya itu, banyak hal juga yang perlu dibenahi, seperti manajemen, tiketing, sistem pendakian yang safety, dan fasilitas lainnya.

“Karena orang mendaki juga butuh kenyamanan, sehingga pengunjung atau pendaki semakin betah dengan eksotisnya Tambora,” ujarnya.

Apalagi didukung dengan adanya teluk Saleh, pulau Moyo yang biasa dikenal dunia Samota. Oleh sebab itu, yang paling penting adalah bagaimana memelihara dan merawat alam yang dititipkan ini semakin baik kedepan.

Sementara itu, Bupati Dompu Kader Jaelani menyampaikan bahwa momentum Festival Tambora merupakan bagian dari peringatan meletusnya Gunung Tambora dan HUT Dompu.

“Ikhtiar kami ingin mewujudkan Tambora sebagai destinasi wisata pegunungan kelas dunia,” kata Bupati.

Dengan ditetapkan Tambora sebagai Geopark Nasional, bukan hanya potensi alam yang dimiliki, akan tetapi ragam budaya dan kearifan lokal lainnya menjadi nilai tersendiri untuk menuju destinasi wisata pegunungan kelas dunia.

Disampaikan bahwa kegiatan yang berlangsung selama 2 hari dari tanggal 4-5 Juni pada puncak festival diikuti oleh ribuan masyarakat. Kegiatan ini merupakan kolaborasi Kementerian LHK, Kemenpar Ekraf, Bappenas, Pemprov. NTB melalui Dispar, Geopark Tambora, Balai Taman Nasional Tambora, Pemkab Dompu dan steakholder lainnya. (*)

Ket. Foto:
Wakil Gubernur NTB Dr. Ir Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M. Pd memberikan sambutan pada acara puncak rangkaian Festival Tambora, Minggu (5/6/2022) di Santuari Rusa, Doro Ncanga Kabupaten Dompu. (Istimewa)

- Advertisement -

Share post:

Subscribe

Berita Populer

Berita Terbaru

Berita Lainnya
Terkait

Ridwan Syah Bantah Sebut DPRD NTB “Baper”

HarianNusa, Mataram - Komandan Lapangan MXGP Samota H Ridwan...

Tim Gajser dan Tom Vialle Cetak Skor Sempurna di MXGP Indonesia

HarianNusa, Sumbawa - Putaran ke-12 Kejuaraan Dunia Motocross MXGP...

Sukses! Ini Potret Keseruan MXGP Indonesia 2022

HarianNusa, Sumbawa - Putaran ke-12 Kejuaraan Dunia Motocross FIM...

PKB NTB Rombak AKD, Akhdiansyah Gantikan Almarhum H. Makmun sebagai Ketua Bapemperda

HarianNusa, Mataram - Berdasarkan hasil musyawarah Dewan Pimpinan Wilayah...