fbpx

Ratusan Massa di Mataram Gelar Aksi Mengecam Myanmar

- Advertisement -

HarianNusa.com, Mataram – Ratusan massa yang tergabung dalam Aliansi Kemanusiaan Peduli Rohingya menggelar aksi di Mataram, Senin (4/9). Mereka mengecam kebrutalan militer Myanmar dalam membantai muslim Rohingya dengan dalih memerangi militan.

Massa bergerak dari KNPI NTB menuju Islamic Center (IC) Mataram. Massa kemudian bergabung dengan massa lainnya yang telah menunggu di IC Mataram. Rasatuan massa kemudian bergerak ke Perempatan Bank Indonesia (BI) Mataram menggelar orasi.

Gabungan massa terdiri dari berbagai elemen, di antaranya Pemuda Pancasila NTB, HIMMAH NW, Pemuda NW, Hikmahbudhi, PMKRI, Laskar Mujahidin, GP Ansor Kota Mataram, HMI, PMII dan lainnya.

Usai menggelar aksi di simpang BI tersebut, massa kemudian bergerak menuju Kantor Gubernur NTB. Di sana massa ditemui langsung dengan Gubernur NTB, TGH M. Zainul Majdi atau akrap disapa Tuan Guru Bajang (TGB).

Di hadapan TGB, Korlap aksi, Muhammad Isnaini membacakan empat tuntutan mereka.

“Berdasarkan hal tersebut, kami menuntut adili Myanmar di Mahkamah Internasional atas kejahatan kemanusiaan. Cabut nobel Aung San Suu Kyi…,” ujar Isnaini.

Massa juga menuntut Presiden Jokowi segera bersikap tegas dengan menutup Kedubes Myanmar di Indonesia dan menutup Kedubes Indonesia di Myanmar. Terakhir massa menuntut negara-negara di Asean mengeluarkan Myanmar dari keanggotaan di Asean.

Usai membacakan tuntutan, massa kemudian menggalang dana untuk muslim Rohingya yang menjadi korban kebiadaban militer Myanmar. (sat)

- Advertisement -

Share post:

Subscribe

Berita Populer

Berita Terbaru

Berita Lainnya
Terkait

Sekretaris Utama BIN Beri Kuliah Umum di Acara PKKMB Unram

HarianNusa, Mataram - Sekretaris Utama (Sestama) Badan Intelijen Negara...

Sempat Mengamuk di Gili Trawangan, Warga Rusia Diciduk Petugas Imigrasi

HarianNusa, Mataram - Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram...

Modus Menginap, Pencuri Motor di Rumak akhirnya ditangkap Polsek Kediri

HarianNusa, Lombok Barat - Terduga pencuri kendaraan bermotor yang...

Malaysia Buka Pintu Bagi Ribuan Pekerja dari NTB

HarianNusa, Mataram - Sempat vakum merekrut pekerja asal Indonesia...