Ratusan Massa di Mataram Gelar Aksi Mengecam Myanmar

382
Seorang massa aksi berorasi mengutuk kebiadaban militer Myanmar. (satria/hariannusa.com)

HarianNusa.com, Mataram – Ratusan massa yang tergabung dalam Aliansi Kemanusiaan Peduli Rohingya menggelar aksi di Mataram, Senin (4/9). Mereka mengecam kebrutalan militer Myanmar dalam membantai muslim Rohingya dengan dalih memerangi militan.

Massa bergerak dari KNPI NTB menuju Islamic Center (IC) Mataram. Massa kemudian bergabung dengan massa lainnya yang telah menunggu di IC Mataram. Rasatuan massa kemudian bergerak ke Perempatan Bank Indonesia (BI) Mataram menggelar orasi.

Gabungan massa terdiri dari berbagai elemen, di antaranya Pemuda Pancasila NTB, HIMMAH NW, Pemuda NW, Hikmahbudhi, PMKRI, Laskar Mujahidin, GP Ansor Kota Mataram, HMI, PMII dan lainnya.

Usai menggelar aksi di simpang BI tersebut, massa kemudian bergerak menuju Kantor Gubernur NTB. Di sana massa ditemui langsung dengan Gubernur NTB, TGH M. Zainul Majdi atau akrap disapa Tuan Guru Bajang (TGB).

Di hadapan TGB, Korlap aksi, Muhammad Isnaini membacakan empat tuntutan mereka.

“Berdasarkan hal tersebut, kami menuntut adili Myanmar di Mahkamah Internasional atas kejahatan kemanusiaan. Cabut nobel Aung San Suu Kyi…,” ujar Isnaini.

Massa juga menuntut Presiden Jokowi segera bersikap tegas dengan menutup Kedubes Myanmar di Indonesia dan menutup Kedubes Indonesia di Myanmar. Terakhir massa menuntut negara-negara di Asean mengeluarkan Myanmar dari keanggotaan di Asean.

Usai membacakan tuntutan, massa kemudian menggalang dana untuk muslim Rohingya yang menjadi korban kebiadaban militer Myanmar. (sat)

iklan[/caption]</div>        </div>


        <footer>
                        
            <div class=