ACT-MRI NTB Serahkan Bantuan Ratusan Juta untuk Pengungsi Rohingya

58
Keterangan foto: Kiri= Sekrearis Nasional ACT Dwiko Satriadi saat menerima secara simbolis bantuan dari ketua ACT/MRI NTB Lalu Muhammad Alfian

HarianNusa.com, Mataram – Ketua Relawan, Aksi Cepat Tanggap – Masyarakat Relawan Indonesia (ACT-MRI) Wilayah NTB, Lalu Muhammad Alfian menyampaikan telah menyerahkan sumbangan berupa donasi ratusan juta rupiah untuk pengungsi Rohingya di Myanmar. Senin, (11/9).

“Jumlah 101 juta rupiah adalah akumulasi dari bantuan yang dititipkan Pemprov NTB, aksi kawan Pemuda Pancasila NTB, Donasi KAMMI NTB, KAMMI UIN Mataram, MAN 2 Mataram, TK Putra 1 Mataram, AUI NTB dan BEM Unram,” katanya.

Disampaikan Alfian, jumlah tersebut belum termasuk donasi yang diterima ACT-MRI NTB yang ada di beberapa Kabupaten di NTB.

Selain itu, diserahkannya bantuan tersebut ke ACT pusat, terang Alfian guna diteruskan langsung kepada para pengungsi di Rohingya. Nantinya, bantuan yang akan dikirimkan tersebut akan dikonversi menjadi paket pangan dan kebutuhan harian, seperti makanan, minyak, tepung, baju, dan terpal untuk tenda.

“Proses distribusi bantuan paket pangan amanah dari masyarakat Indonesia, Total sebanyak 1.100 paket bantuan dari Indonesia diterima oleh ribuan pengungsi di Kamp Kanzarpara dan Balukhali,” katanya.

Terkait pengumpulan dana? Alfian menyampaikan bahwa akan ada tahapan pengumpulan dana selanjutnya. Nantinya, ia berharap bisa terkumpul dana lebih besar, sehingga bantuan yang akan dikirim ke Rohingya bisa lebih maksimal.

“Kita sedang mempersiapkan kembali bantuan, 100 truk bantuan logistik, 2.000 ton beras melalui Kapal Kemanusiaan untuk Rohingya, 1.000 shelter di perbatasan Banglades,” katanya.

Terakhir, Alfian menyampaikan harapannya agar bantuan yang telah diserahkan tersebut bisa mengurangi beban pengungsi Rohingya yang tengah berada pada masa kritis dan sangat membutuhkan uluran tangan. (sta)

iklanbebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online