HUT TNI ke-72, TGB “Angkat Topi” untuk TNI

42
TGB saat memperingati HUT TNI ke-72 di eks bandara Selaparang, Rembiga, Kota Mataram, Kamis (5/10). (dok. istimewa)

HarianNusa.com, Mataram – HUT Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-72 dipusatkan di eks bandara Selaparang, Rembiga, Kota Mataram, Kamis (5/10). Peringatan HUT tersebut mengambil tema “TNI Kuat Bersama Rakyat.”

Gubernur NTB, TGH M. Zainul Majdi atau akrapnya disapa Tuan Guru Bajang (TGB) menjadi inspektur dalam upacara peringatan HUT tersebut. TGB juga membacakan amanat tertulis Panglima TNI, Gatot Nurmantyo.

TGB secara langsung menyampaikan apresiasi dan penghargaan terhadap segenap jajaran TNI yang telah memberikan pengabdian dan dharma bhakti terhadap NKRI dan daerah NTB.

Di hadapan peserta upacara yang terdiri dari Perwira, Bintara, Tamtama, veteran, purnawirawan, Polri hingga ASN, TGB mengatakan bahwa TNI sebagai alat negara memiliki fungsi Operasi Militer untuk Perang (OMP) dan fungsi Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Khusunya pada fungsi OMSP, TGB sangat mengapresiasi kinerja TNI.

“TNI sangat banyak membantu kita di NTB, seperti dalam penanganan bencana, mencegah ilegal loging dan membantu mencegah terorisme,” ujar gubernur termuda ini.

Sementara dalam pembacaan amanat Panglima TNI, menegaskan penyelenggaraan HUT TNI pada hakekatnya merupakan bentuk laporan pertanggungjawaban TNI kepada rakyat atas pembangunan kekuatan TNI yang telah dan sedang dilaksanakan, khususnya pada tahun 2017.

Panglima TNI juga meminta pembangunan kekuatan TNI terus dilaksanakan guna kesinambungan pembangunan nasional menuju pencapaian pembangunan postur ideal, seperti pembangunan postur ideal, modernisasi alutsista, pembangunan organisasi, pembangunan sarana prasarana, termasuk di pulau-pulau strategis serta meningkatkan taraf kesejahteraan prajurit. (sat)

iklanMaulid Fraksi PKS 2017