Peran Babinsa Sukseskan Swasembada Pangan

19
Tampak Babinsa Tanjung Karang saat melakukan pendampingan dan membantu kegiatan pertanian warga (Istimewa)

HarianNusa.com, Mataram – Musim hujan ini, para petani di lahan persawahan terlihat sibuk mengurus berbagai macam jenis tanaman padi yang ditanam. Mulai dari penyemaian, penanaman dan pemupukan maupun menjaga tanaman yang sudah mulai tumbuh dewasa dari berbagai macam serangan hama.

Danrem 162/WB, Kolonel Inf H. Farid Makruf, M.A mengapresiasi para Babinsa di wilayah Korem 162/WB yang selalu aktif membantu masyarakat di desa binaannya.

“Para Babinsa khususnya di wilayah Korem 162/WB dan jajaran selalu aktif turun mendampingi dan membantu masyarakat di desa binaannya dalam pengelolaan sawahnya,” ungkap Danrem 162/WB Kolonel Inf Farid Makruf, M.A., di sela-sela kesibukannya, Kamis (11/1)

Ditambahkannya mereka turun langsung ke sawah mulai dari penyemaian, penanaman hingga panen dengan hasil yang diperoleh setiap hektarnya baik padi, jagung maupun kedelai.

Menurut Danrem,hal itu dilakukan sebagai upaya untuk mensukseskan program Nawacita pemerintah terutama swasembada pangan sehingga dapat meminimalisir adanya impor beras, jagung ataupun kedelai dan hasil pertanian lainnya.  Tak hanya itu,para Babinsa juga memantau kondisi persediaan pupuk yang ada di kelompok petani (Poktan).

“Apabila terjadi kekurangan ataupun penyelewengan pupuk maka para Babinsa agar segera melakukan koordinasi atau melaporkan kepada instansi terkait melalui pimpinan yang ada di satuan,” tegasnya sambil mengatakan tugas pokok Babinsa sebagai ujung tombak, mata dan telinga satuan harus tetap berjalan dengan temu cepat dan lapor cepat sehingga keberadaan para Babinsa di desa dapat memberikan rasa aman dan nyaman.

Kepada seluruh Babinsa di jajaran Korem 162/WB Danrem berharap agar semuanya dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik dan benar sesuai dengan slogan Berbuat terbaik, berani, tulus dan ikhlas. (f3)

iklanDirgahayu 59th NTB 17 Desember 2017