SMKN 2 Mataram Menggelar Sosialisasi dan Penyusunan Penyelarasan Program Keahlian “Dual System”

HarianNusa.Com, Mataram – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Mataram dipercaya oleh pemerintah dalam melaksanakan program Dual System bagi SMK yang memiliki Kompetensi Keahlian dengan masa pendidikan 4 tahun.

Waka Kesiswaan SMKN 2 Mataram, Sulman Harish, M.Pd.I, menjelaskan Kompetensi Keahlian dengan masa pendidikan 4 tahun yang ada di SMK Negeri 2 Mataram adalah Desain Interior dan Teknik Furnitur.

"Tujuan dari program Dual System ini adalah mencetak lulusan SMK yang memiliki kualitas kompetensi yang memadai yang sesuai dengan kebutuhan Dunia Usaha Dunia Industri," jelasnya dalam rilis yang disampaikan keep media in, Rabu, (20/11).

Sementara Ketua Panitia Dading Qolbuadi, SST.Par sekaligus Waka Kurikulum SMKN 2 Mataram memaparkan program yang akan dilakukan untuk mencapai hal tersebut diantaranya adalah menambah masa Magang siswa (PKL) menjadi 10 bulan sampai 1 tahun sehingga siswa mendapatkan pengalaman praktik yang lebih lama dan diharapkan menjadi lebih terampil.

Program kedua dari Dual System ini adalah, lanjutnya, yakni mencetak lulusan SMK yang memiliki sertifikasi kualifikasi level 3 dan mengadakan penyelarasan kurikulum dengan Politeknik yang memiliki jurusan yang sama.

"Sehingga Siswa Lulusan DITF dapat disetarakan kualifikasinya dengan lulusan Diploma 1," paparnya.