Kesenian Rudat Ramaikan Pawai Takbiran

32
Beberapa peserta Rudat sedang menabuh
Beberapa peserta Rudat sedang menabuh

HarianNusa.com, Mataram – Dalam rangka menyambut Lebaran 1438 Hijriah. Warga desa Batu Mekar Kecamatan Lingsar mengadakan pawai takbiran keliling desa. Menariknya, selain menyuguhkan miniatur masjid, salah satu kontingen juga menampilkan kesenian tradisional Rudat. Minggu, (24/6).

Dari pantauan HarianNusa.com pada saat kegiatan, kemeriahan pawai takbiran yang diadakan oleh masyarakat Desa Batu Mekar tersebut tak kalah dengan kegiatan-kegiatan serupa di tempat lain. Terlihat antusiasme yang sangat luar biasa dari semua peserta. Antusiasme yang sama juga terlihat pada masyarakat sekitar yang menonton jalannya pawai.

Setiap kontingen yang terdiri dari masing-masing dusun yang ada di Desa Batu Mekar begitu semarak dengan menampilkan miniatur masjid yang dihias sedemikian rupa. Selain miniatur, peserta juga melengkapi aksesoris peserta pawainya dengan beragam penamilan. Seperti pakaian ala Jazirah Arab. Selain aksesoris, beberapa kontingen juga menyuguhkan Kesenian tradisi pada barisan peserta pawainya. Seperti kontingen dari Dusun Karang Temu yang menyuguhkan kesenian Rudat. Sebagai catatan, semua penari Rudat yang ditampilkan tersebut adalah anak-anak usia sekolah dasar.

Kepada HarianNusa.com, Badri, salah seorang peserta pawai yang menampilkan kesenian Rudat, menyampaikan kalau ide tesebut berawal dari keinginan kelompoknya untuk tampil beda pada perayaan pawai takbiran tersebut.
“Biar ada unsur tradisi. Biar berbeda dari yang lain,” katanya.

Ia berharap melalui penampilan yang disuguhkan kelompoknya, masyarakat bisa melihat bahwa kesenian tradisi juga bisa masuk dalam setiap lini kehidupan. Sebagaimana Rudat yang tidak harus tampil di atas panggung.

Sementara itu, Kepala Desa Batu Mekar Sarnah, S. Sos selaku penyelenggara kegiatan menyampaikan kalau kegiatan tersebut dilakukan untuk memeriahkan malam perayaan Idul Fitri. Selain sebagai ajang mempererat tali silaturahmi antar masyarakat yang ada di Desa Batu Mekar. (sta).

iklan[/caption]</div>        </div>


        <footer>
                        
            <div class=